Wujudkan UMKM Mandiri Bersama Mahasiswa UIN Suka dan PLN Peduli

Hits: 4303

Papuajaya.com – Yogyakarta -KKN Papua Emas UIN Sunan Kalijaga dan PLN Peduli turut ikut dalam meningkatkan potensi UMKM dengan adanya Rumah Karya Papua. Di resmikan rabu (3/3/2021) Rumah Karya Papua ini menjadi fllow up hasil kegiatan dari KKN Papua Emas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada bulan agustus 2020 lalu di Ditrik Nimbokrang, Jayapura.

Program tersebut didanai penuh oleh PLN sebagai pengembangan Corporate Social Responsibillity (CSR) melalui program PLN Peduli. Gagasan adanya Rumah Karya Papua ini sejalan dengan tujuan PLN Peduli dalam memberikan akses secara lebih luas kepada masyarakat dalam menunjang kemandirian masyarakat.

“Rumah Karya Papua ini merupakan keberhasilan program yang namanya Papua Berkarya, yang menjadi wadah karya-karya masyarakat di Nimbokrang. Alhamdulillah berkat kerjasama melalui program PLN Peduli Rumah Karya Papua ini berhasil diresmikan. Hal ini juga sesuai dengan core values UIN Sunan Kalijaga inklusif-continuous improvement yakni bersifat terbuka, akuntabel, dan komit terhadap perubahan dan keberlanjutan. Harapannya agar terjadi perubahan baik yang terlihat secara fisik maupun mental serta dapat menjadi keberlanjutan program KKN yang telah berlalu” Ungkap Very Julianto selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Papua Emas

Adanya Rumah Karya Papua ini merupakan gagasan dari peserta KKN 102 UIN Sunan Kalijaga untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Distrik Nimbokrang, Jayapura. Program Rumah Karya Papua juga sudah disusun dengan adanya pendampingan kepada masyarakat dan memberikan pelatihan secara offline maupun online selama KKN berlangsung

“Harapannya tentu masyarkaat bisa memanfaatkan adanya Rumah Karya Papua ini untuk bisa menjadi tempat pengembangan UMKM di Nimbokrang, sehingga masyarakat bisa meningkatkan taraf ekonomi bagi keluarganya.” Ungkap Yusniar Regita Pramesti Ketua KKN Papua Emas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

Yusniar Regita, Mahasiswa KKN Papua UIN Sunan Kalijaga

di Distrik Nimbokrang Jayapura

081326387257