Walaupun di Rumah, Tetap Bisa Akses Layanan JKN-KIS

Hits: 175

Papuajaya.com – Biak – Merebaknya virus corona bukan berarti mematikan akses masyarakat untuk mengakses pelayanan kepesertaan Program JKN-KIS. Bagi masyarakat yang ingin mengakses pelayanan kepesertaan JKN-KIS, kini dapat memanfaatkan layanan digital dengan mengakses aplikasi Mobile JKN. Hal tersebut yang dilakukan oleh Asbudi Kurniawan (30) yang ingin mengurus perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Seperti yang kita ketahui bahwa, virus corona telah melanda Indonesia, oleh karena itu kita perlu waspada namun tetap tidak panik dalam menghadapi virus tersebut. Kalau tidak terpaksa ya mending akses dari rumah saja,” kata Budi mengawali percakapan pada Rabu (25/03/2020).

Budi yang terdaftar sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) ini, menganggap bahwa aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang tepat digunakan saat ini di tengah-tengah diberlakukannya social distancing untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Menurutnya, dengan banyak fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut dapat membantu peserta maupun masyarakat umum dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan tanpa harus keluar rumah.

“Aplikasi Mobile JKN sangat memudahkan saya dalam mengakses pelayanan BPJS Kesehatan. Dengan aplikasi ini saya tidak perlu mengantri di Kantor Cabang untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan, bisa diakses dengan mudah dari rumah. Hanya perlu registrasi saja dan sangat mudah mengoperasikannya. Jadi menurut saya, aplikasi Mobile JKN ini dapat membantu apalagi saat seperti ini ketika kita harus menjaga jarak untuk bersosialisasi sesuai imbauan pemerintah untuk memutus penyebaran virus corona. Oleh karena itu saya sangat terbantu dengan adanya aplikasi Mobile JKN,” kata Budi.

Budi juga mengungkapkan antusiasnya untuk dapat menggunakan layanan lainnya dalam aplikasi Mobile JKN seperti dalam pendaftaran pelayanan dan perubahan data. Budi menuturkan sangat senang dan terbantu dengan adanya artikel kesehatan yang ada pada aplikasi Mobile JKN.

“Layanannya sangat beragam. Saya ingin mencoba untuk mengambil antrean elektronik dan melakukan perpindahan fasilitas kesehata ketika saya sakit nanti. Saya juga sering membaca artikel kesehatan yang disediakan untuk menambah pengetahuan saya. Pokoknya aplikasi Mobile JKN ini sangat memudahkan saya,” ujarnya.

Di akhir percakapan, Budi berpesan bawha pola hidup sehat yang paling penting untuk dilakukan saat ini untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat di tengah mewabahnya virus corona seperti sekarang ini.

“Semua itu kemudahan yang disajikan oleh Mobile JKN, tapi walaupun sudah dimudahkan bukan berarti kita tidak memperdulikan kesehatan kita. Pola hidup sehat merupakan hal yang penting saat ini. Menjaga kebersihan lingkungan, makan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup dan jangan lupa untuk rutin berolahraga,”tutup Budi (fs)