Wakil Bupati Mesuji Melakukan Panen Padi Perdana Di Desa Wirabangun

Hits: 2536

MESUJI – LAMPUNG | PAPUAJAYA.com | Agustus 14/2018 -Wakil Bupati Mesuji didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pertanian melakukan panen padi perdana di Desa Wirabangun, Kec. Simpang Pematang, Panen perdana ini mencakup lahan pertanian seluas 240 hektare dengan rata-rata produksi 5 ton gabah kering panen (GKP) per hektare,Senin (13/08/2018).

Wakil Bupati Mesuji me­ngatakan daerah Wirabangun merupakan daerah penghasil padi, program uta­ma pemerintah adalah terca­painya swasembada pangan, hal ini memacu untuk terus menerus meningkatkan kua­litas di bidang pertanian.

“Saya mengajak kepada para pe­tani, agar senantiasa me­ningkatkan pengeta­huan­nya mengenai pertanian, ja­ngan malas bertanya kepada para petugas lapangan, hal ini agar peng­hasilan para petani dapat semakin meningkat,” katanya.

Kalau lahan persawahan diolah sesuai dengan petunjuk PPL, benih padi unggul serta dipupuk dan dirawat, hasil yang diperoleh akan maksimal dan tentunya akan mening­katkan kesejahteraan petani.

Sekarang ini sudah banyak lahan-lahan persawahan yang dialihfung­sikan ke tanaman sawit. “Hal ini merugi­kan bagi terwujudnya swa­sembada pa­ngan, kedepan jangan ada lagi lahan persawahan yang dialih­fungsikan, apalagi lahan itu pro­duktif,” tambahnya.

“Untuk mendukung program itu serta untuk mencapai target, saya yakin Babinsa se­lalu memberikan pendam­pingan baik secara teori mau­pun praktik langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses,” ujarnya.

Dia berharap, para petani mena­nam padi secara serentak dan bersa­ma-sama, dengan pendampingan dari Babinsa dan PPL, diharapkan hasil panen lebih baik produksi maupun produktivitasnya. Dengan hasil yang bagus ten­tunya akan membawa keun­tungan bagi para petani karena semua tata cara kelola sudah sesuai anjuran dan arahan dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) maupun Babinsa,” ujar salah satu warga.

Ketua Kelompok Tani, berterimaka­sih kepada Pemkab Mesuji karena su­dah memperhatikan kelom­pok tani di Desa Wirabangun, Kec. Simpang Pematang, sudah memberikan sarana yang baik, bibit padi yang unggul, dan pupuk.@ Humas Pemkab Mesuji

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.