Terkait Teror KKB, Azis Syamsuddin Minta Campur Tangan Pemerintah Pusat

Hits: 566

Papuajaya.com – Jakarta – Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin meminta pemerintah pusat dan daerah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menentukan sikap dan langkah solutif mengatasi teror yang tidak kunjung usai dari Kelompok Bersenjata (KKB) di Papua.

Azis menegaskan masih banyaknya teror yang dilakukan KKB di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua, dapat menyebabkan korban terus bertambah dan ratusan warga mengungsi karena ketakutan.

Karena itu, Azis menyatakan pemerintah harus membuka ruang dialog dengan pendekatan yang persuasif bersama tokoh agama dan masyarakat di Intan Jaya untuk menciptakan rekonsiliasi dan perundingan damai yang dapat menghentikan aksi KKB.

“Ini mengingat keberadaan KKB sudah mengancam keamanan hidup banyak masyarakat,” ujar Azis, Kamis (11/2).

Azis meminta agar aparat keamanan di pusat untuk mengoordinasikan yang berada di Intan Jaya, Papua, menambahkan personel di titik-titik rawan terjadinya tindakan terorisme oleh KKB kepada masyarakat setempat.

“Sehingga keamanan masyarakat dapat dipastikan terjaga dengan baik,” tegas Azis

Ia pun menegaskan bahwa pemerintah harus dapat menyiapkan tim penanganan konflik secara khusus. Sebab, persoalan ini memerlukan campur tangan dari pemerintah pusat.

“Sebab, KKB juga telah menghambat dan memberhentikan sebagian jalan pemerintahan daerah setempat,” papar Azis. (fs/jpnn)