SINERGITAS PROGRAM ASPETRI dengan PELUNCURAN KATALOG WISATA KESEHATAN dan SKENARIO PERJALANAN WISATA KEBUGARAN DUA KEMENTRIAN RI.

Hits: 479

Paluajaya.com ~ Jakarta, 19 November 2019, Hotel Indonesia Kampinsky. Suprijanto, Penasehat [ASPETRI Asosiasi Pengobatan Tradisional Ramuan Indonesia] sekaligus Ketua Litbang dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ASPETRI, bertemu dengan Menteri Kesehatan RI Dr.dr Terawan Agus Putranto Sp.Rad, yang baru saja membuka PELUNCURAN KATALOG WISATA KESEHATAN dan SKENARIO PERJALANAN WISATA KEBUGARAN INDONESIA kerja bareng 2 [DUA DUO] Kementrian Kesehatan dan Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif, hadir kedua Menteri Kabinet RI 2019 2024 tersebut.

Pertemuan Suprijanto dan Menteri Kesehatan membicarakan Undangan bagi Pak Menteri Kesehatan RI dalam acara MUNAS ASPETRI di HOTEL NARITA Tangerang Banten, tanggal 27 sd 28 November 2019, yang bakal menetapkan Ketua Umum yang baru dan Jajaran Pengurus Baru 2019 ~ 2024.

Program program Saintifikasi Jamu Indonesia dan PROGRAM KEGIATAN dari ASPETRI SANGAT MENDUKUNG IMPLEMENTASI dan APLIKASI dari PROGRAM MILENIAL dari KEDUA KEMENTERIAN Republik Indonesia tersebut.

Saintifikasi Jamu adalah UPAYA dan PROSES pembuktian yang ilmiah dari JAMU INDONESIA MELALUI PENELITIAN berbasis Pelayanan Kesehatan.

Saintifikasi Jamu Indonesia mendorong terbentuknya Jejaring semua profesi kesehatan modern dan kesehatan tradisional, dokter, dokter gigi, bidan, perawat, fisioterapis, apoteker dan tenaga kesehatan lainnya sebagai PENELITI dalam rangka upaya preventif, promotif dan paliatif melalui Penggunaan Terapi Jamu Nusantara Indonesia kita semua ini.

Sebagian besar dari kita pasti tidak asing dengan “JAMU” dan mungkin pernah meminumnya. Bahkan berdasarkan data RisKesDas [Riset Kesehatan Dasar] tahun 2010 menunjukkan bahwa 59, 12 % orang Indonesia PERNAH Minum Jamu.

SEPERTINYA dari tahun ke tahun hingga tahun 2019 ini, JUMLAHNYA MENINGKAT HINGGA SKALA DUNIA INTERNASIONAL adanya, bisa di lihat di penawaran penawaran lapak.com.

Ya JAMU merupakan Obat Tradisional Indonesia yang tercipta dari penggalian kekayaan dan keanekaragaman bahan alam oleh nenek moyang kita

Dan juga Proses Pembelajarannya secara Turun Temurun berdasarkan Sumber Bahan Alam Indonesia dan Langsung Diajarkan dan Diperkenalkan Oleh Para Pendahulu Pendahulu Peramu Jamu Jamuan dan Perjamuan Di Indonesia secara “empiris” nyata dan terbukti kebermanfaatan dan kemanjurannya.

Ramuan Jamu Jamuan Perjamuan di Indonesia ini diwariskan secara turun temurun tersebut digunakan untuk memelihara kesehatan, mencegah dan mengobati penyakit, memulihkan kesehatan serta untuk kecantikan dan kebugaran.

Apa sesungguhnya bahan baku JAMU yang diturunkan oleh nenek kakek moyang Bangsa Indonesia dari dahulu hingga hari ini dan seterusnya selama para penerus Ilmu Jamu Indonesia Jamu Nusantara ini tetap membutuhkannya dan disesuaikan dengan kebutuhan jaman dan perubahan milenialnya.

Versi WIKIPIDIA

JAMU adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia.

Belakangan Populer dengan sebutan Herba atau Herbal.

Jamu dibuat dari bahan bahan alam, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang [akar akaran] daun daunan, kulit batang dan buah.

Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu sapi, empedu ular atau tangkur buaya.

Seringkali kuning telur juga digunakan untuk tambahan campuran pada jamu (gendong).

JAMU biasanya terasa pahit sehingga perlu ditambahkan MADU sebagai pemanis alami, agar rasanya lebih dapat ditoleransi peminumnya. Bahkan ada pula JAMU yang ditambahkan dengan ANGGUR, selain sebagai pengurang rasa pahit, anggur juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

VERSI Permenkes No.7 Tahun 2012.

Jamu dan dikenal sebagai OBAT TRADISIONAL INDONESIA berarti bahan alam atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, Sediaan Sarian ( Galenik) atau campuran dari bahan bahan tersebut yang secara turun temurun dan secara empiris telah digunakan untuk pengobatan dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat Indonesia.

Obat Bahan Alam Indonesia [OBAI] adalah Obat bersumber dari bahan bahan alam yang ada di Indonesia, sama seperti Obat Tradional namun Khasiatnya bukan hanya berdasarkan ENERGI INFORMASI empirus turun temurun saja melainkan juga SUDAH di dapat dari Uji Riset Penelitian yang berkesesuai dengan maksud tujuan JAMU dan OBAT TRADISIONAL INDONESIA dengan Teknologi Modern Kuno Klasik Kekinian serentak Milenial ini.

Keberadaan JAMU alias Obat Tradisional Indonesia, Saintifikasi Jamu Indonesia, Obat Bahan Alam Indonesia secara nyata bakal menjadi daya ungkit dan daya dongkrak WISATA KESEHATAN dan SKENARIO PERJALANAN WISATA KEBUGARAN di seluruh WILAYAH INDONESIA yang sudah siap dan potensial untuk melakukannya serta mengembangnya secara tanggap kreatif, inovatif dan transformatif milenialitas yang efektif dan efisien.

Penulis Guntur Bisowarno