Sejumlah OPD dan Kepsek Diwarning Segera Serahkan SPJ Pengelolaan Anggaran 2019

Hits: 1139

Papuajaya.com – Biak – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dalam memperbaiki tata kelola keuangan dan pemerintahan. Salah satunya dengan terus meminta supaya setiap pengguna anggaran di setiap OPD, baik pimpinan OPD, kepala sekolah (kepsek) dan bendahara memberikan surat pertanggunggjawaban (SPJ) pengelolaan anggaran tahun 2019 tepat waktu.

Pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Biak Numfor saat mengikuti Apel gabungan ASN di Halaman Kantor Bupati Biak
Pimpinan OPD di Lingkungan Pemda Biak Numfor saat mengikuti Apel gabungan ASN di Halaman Kantor Bupati Biak

Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor, Markus O. Mansnembra saat memimpin apel gabungan ASN, Senin (10/02/2020) di halaman Kantor Bupati, dengan tegas menyampaikan agar seluruh pimpinan OPD terkait, Kepala Sekolah, dan bendahara segera melengkapi Surat Pertanggungjawaban (SPK) penggunaan anggaran tahun 2019.

Bahkan, ada Kepala sekolah (Kepsek), pimpinan OPD, dan bendahara yang dijemput karena panggilan berkali- kali tidak direspon. Sekda meminta agar pihak terkait dapat mendukung pemeriksaan atau audit interim (pendahuluan) yang sementara dilakukan oleh tim auditor dai BPK terhadap penyelenggaraan pemerintahan tahun 2019.

“Pemerintah Kabupaten Biak Numfor saat ini terus berupaya memperbaiki pengelolaan keuangan, termasuk pertanggungjawaban realiasi penggunaan anggaran. Oleh karena itu wajib bagi setiap pengguna anggaran untuk memberikan SPJ tahun 2019, dan yang lambat sampaikan sudah kami warning tegas, dan dengan terpaksa juga ada yang sudah dijemput langsung,” tegas Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra

Lebih lanjut dikatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk meminta supaya setiap SPJ dari masing-masing OPD disampaikan tepat waktu, termasuk dari setiap sekolah. Selain melalui pemberitahuan tertulis dan melalui media elektronik, juga telah dilakukan pejemputan supaya segera menuntaskan laporan penggunaan anggaran tersebut.

Ketegasan yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor itu juga untuk mendukung upaya audit interim (pendahuluan) yang saat ini sedang dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Papua terhadap Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Sekda juga mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor saat ini terus berupaya untuk keluar dari hasil audit dengan opini disclaimer yang dikeluarkan oleh BPK terhadap LHP beberapa tahun terakhir.

“Pak Bupati cukup serius dalam melakukan penataan pengelolaan keuangan termasuk pertanggungjawabannya, oleh karena itu upaya-upaya terus dilakukan dan perlu didukung oleh OPD dan semua instansi lainnya termasuk kepala sekolah serta jajaran bendahara. SPJ wajib disampaikan, sikap kooperatif dari pimpinan OPD, kepala sekolah dan bendahara harus menjadi perhatian,” tandas Sekda.

Usai melaksanakan apel gabungan, para kepala sekolah tingkat SD dan SMP serta pimpinan OPD juga dikumpulkan di Gedung Wanita guna menindaklanjuti arahan yang disampaikan pada apel pagi. Sekda Biak didampingi Kepala Inspektorat Mahasunu, S.IP dan Asisten III Ir. Andarias F. Lameky, MM kembali mengingatkan supaya memberikan perhatian serius terhadap laporan SPJ dan mendukung BPK yang sementara melakukan audit pendahuluan.

Sebelumnya Bupati Herry A. Naap, S.Si.,M.Pd diberbagai kesempatan telah mengingatkan setiap OPD dan pengelola anggoran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor memberikan setiap pertangunggujawaban penggunaan anggaran tepat waktu. “Tahun 2020 kita harus lebih baik, kita harus maju melangkah, tidak boleh kita jalan ditempat. Oleh karena itu, semua OPD tanpa terkecuali wajib mendukung dengan menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal,” pungkasnya (fs)