Satgas Khusus untuk Pantau Kepatuhan Badan Usaha terhadap JKN-KIS

Hits: 144

Papuajaya.com – Biak – Untuk mengoptimalkan kepatuhan badan usaha di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor bersama Kejaksaan Negeri Biak, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSP), Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Supiori dan BPJS Ketenagakerjaan melakukan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan, Senin (28/09/2020).

Pada pertemuan tersebut, dibentuk Satuan Tugas (Satgas) dengan tujuan mendukung pelaksanaan program kepatuhan badan usaha. Seluruh pihak mendukung dan memberikan respon positif untuk pembentukan satgas tersebut. Kasie Datun Kejaksaan Negeri Biak Numfor, Boston M. Siahaan menyampaikan bahwa perlu adanya koordinasi antar semua pemangku kepentingan.

“Pemeriksaan kepatuhan sebaiknya dilakukan secara bersinergi antar semua pemangku kepentingan terhadap pelaku usaha dan perlu adanya pendekatan yang khusus terhadap pelaku usaha. Pendekatan khusus dalam arti memberikan pemahaman dan penjelasan akan pentingnya Program JKN-KIS,” ungkap Siahaan.

Siahaan juga menambahkan bahwa dari Pihak Kejaksaan Negeri Biak akan mendukung sepenuhnya program kepatuhan ini.

“Pada prinsipnya Kejaksaan Negeri Biak Numfor akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan Pengawasan Kepatuhan di wilayah Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori dan tetap akan melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan,” tegasnya Siahaan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Budi Sukwara menyampaikan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang telah mendukung forum ini. Ia berharap, Satgas yang dibentuk dapat mendukung penegakan hukum bagi pemberi kerja yang tidak memenuhi kewajibannya sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya mengapresiasi semua pemangku kepentingan yang telah membentuk dan mendukung Satgas. Pembentukan Satgas ini sebagai bentuk sinergitas antar pemangku kepentingan untuk penegakan kepatuhan badan usaha,” ungkap Budi.

Sebagai wujud dukungan, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Biak Numfor telah menunjuk Melky Anthoni selaku Pengawas Disnaker Kabupaten Biak Numfor (ADHOC) untuk bertanggung jawab dalam hal pengawasan yang berada di wilayah Kabupaten Supiori. (fs/hs)