Samakan Persepsi, BPJS Kesehatan Biak Numfor Gelar Utilisasi Review dengan RSAL Dr. R.Gandhi A.T

Hits: 881

Papuajaya.com – Biak – BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor mengadakan Utilization Review (UR) bersama Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr. R.Gandhi A.T, Kamis (18/03). Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut dan jajaran manajemen rumah sakit ini dilakukan untuk mengevaluasi layanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

“Kami bermaksud menciptakan sinergitas antara regulasi dengan aplikasi pelayanan terhadap peserta JKN-KIS di lapangan yang diharapkan bisa meminimalisirkan kendala dan menjaga kepuasan peserta,” jelas Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Biak, Wirdaos Alamhudi.

Selain membahas hasil evaluasi pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit kepada peserta JKN-KIS, pertemuan ini juga mengkaji penggunaan aplikasi Health Facilities Information System (HFIS) dan hasil survei Walk Trough Audit (WTA) bagi peserta JKN-KIS yang mendapatkan pelayanan di rumah sakit sekaligus mengulang kembali pemahaman terkait pelayanan rujuk balik.

“UR ini perlu dilakukan untuk memantau kinerja fasilitas kesehatan. Dengan adanya UR diharapkan akan berdampak dalam peningkatan pelayanan yang akan diberikan kepada peserta JKN-KIS, baik dari kegiatan promotif, preventif, kuratif serta angka kunjungan dan rujukan,” ujar Wirdaos.

Dalam sesi diskusi, pihak BPJS Kesehatan dan RSAL Dr. R.Gandhi A.T Kabupaten Biak Numfor bersama-sama saling mengkaji dan menyatukan pemahaman satu sama lain. Dengan adanya persamaan persepsi terkait pelayanan, diharapkan sinergisitas Program JKN-KIS dapat berjalan dengan baik dan semestinya sehingga fungsi komunikasi menjadi suatu pokok penjembatan.

“Diharapkan melalui kegiatan seperti ini, pemahaman seluruh petugas rumah sakit terkait pemberian pelayanan kepada peserta JKN-KIS dapat lebih optimal lagi dan banyak hal yang terlewat dapat dideteksi melalui kegiatan ini. Semoga dapat terus kita lakukan bersama dengan BPJS Kesehatan agar memberikan pelayanan kesehatan yang memuaskan dan memaksimalkan kinerja antarmitra di lapangan,” tegas Kepala RSAL Dr. R.Gandhi A.T Kabupaten Biak Numfor dr. Sigit Wijanarko. (fs)