Rute baru pelayaran lintasan Biak – Mbromsi siap diresmikan

Hits: 2125

Papuajaya.com – Biak – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor bersama PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Biak akan melakukan launching lintasan pelayaran Biak – Mbromsi. Pelaksanaan Launching tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Januari 2020 besok dengan melakukan pelayaran perdana lintasan Biak – Mbromsi.

Launching lintasan Biak – Mbromsi ini dimaksudkan untuk memastikan konektivitas serta lancarnya distribusi orang dan barang di kawasan strategis pariwisata nasional (SPN) Padaido. Selain itu, penambahan rute lintasan Biak – Mbromsi ini dilakukan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi kawasan berbasis sumberdaya potensial.

“Seperti kita ketahui regulasi terkait lintasan Biak – Mbromsi yang besok rencananya akan kita lakukan pelayaran Perdana merupakan pendelegasian atau penugasan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Perhubungan yang menugaskan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Biak untuk melayani Biak – Mbromsi sesuai dengan kontrak keperintisan dalam tahun anggaran 2020,” ujar GM PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Biak, Ardian

Ardian juga menambahkan, untuk jenis kapal yang akan digunakan yakni KMP Mamberamo Foja yang sebelumnya juga telah melayani pelayaran rute Biak – Teba, Teba – Bagusa, hingga ke Kasonaweja dan kembali lagi ke Biak.

“Jadi untuk mengisi kekosongan waktu kapal kita usulkan ke pemerintah untuk penambahan rute Biak – Mbromsi, kita tahu bahwa pemda Biak sedang mempromosikan Kepulauan Padaido sebagai objek wisata di Kabupaten Biak Numfor, sehingga kita bersama-sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Biak Numfor mengusulkan untuk dilakukan tambahan rute KMP Mamberamo Foja,” tambah Ardian

Untuk pelaksanaan Launching, Ardian mengungkapkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor dan instansi terkait lainnya dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor guna persiapan Launching pelayaran lintasan Biak – Mbromsi dapat dilakukan secara maksimal.

“Persiapan ini sudah dilakukan dua minggu lalu sehingga kita menyiapkan waktu agar pelayanan yang kami berikan bisa maksimal, kita juga minta ke Pemda sebagai pendukung untuk kegiatan usaha di PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Biak. Saya juga berharap lintasan ini akan ramai,” ungkapnya

Untuk diketahui, KMP Mamberamo Foja ini memiliki 2 misi pelayaran yakni sebagai pendistribusian logistik juga untuk penumpang dengan kapasitas 52 orang. Daftar harga tiket KMP Mamberamo Foja, lintasan Biak – Mbromsi untuk tiket dewasa sebesar Rp30.000/penumpang dan anak-anak Rp20.000/orang. Kendaraan golongan I (sepeda) Rp45.000/kendaraan, Golongan II (Motor) Rp80.000/motor, golongan III Rp210.000.

Sementara untuk tarif kendaraan roda empat golongan IV PNP Rp765 ribu, Golongan IV BRG Rp654 ribu, Golongan V PNG Rp1.340.000, Golongan V BRG Rp1.085.000, golongan VI PNG Rp2.280.000, Golongan VI Rp1.795.000, golongan VII Rp2.435.000, golongan VIII Rp3.635.000, golongan IX Rp5.436.000, dan untuk barang/ton M3 Rp 35 ribu. (fs)