Hits: 13967

PAPUA JAYA – PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) berencana memasarkan kopi asal Papua ke sejumlah negara. Hal ini bagian dari upaya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong kopi Papua bisa go international.

Direktur Utama PPI Agus Andiyani mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba untuk memasarkan produk tersebut di dalam negeri. Untuk pasar lokal, PPI menargetkan produk kopi berjenis arabika ini bisa dipasarkan di Pulau Jawa.

“Jadi PPI di hilir sekarang sedang berjalan. Proses uji coba dan pemasarannya sedang berjalan. (Wilayah pemasaran) Jakarta, saya akan buka gerai-gerai di seluruh Jawa. Kebetulan PPI punya gedung-gedung heritage, di Jakarta, Semarang, Solo, Jogja, dan Surabaya,” ujar dia di Wamena, Papua, Selasa (21/11/2017).

Selain pasar lokal, PPI juga mengincar pasar ekspor untuk produk kopi Papua ini. Menurut Agus, sejumlah negara seperti China dan Rusia telah meminta PPI untuk mengekspor produk kopi asli Indonesia. Kesempatan tersebut akan dimanfaatkan untuk memasarkan kopi asal Papua ini ke dua negara tersebut.

“Saya lagi mencoba pasar ekspor ke China, Rusia, dan beberapa negara lain. Bisa kemungkinan ini sampai ke sana,” kata dia.

Agus menargetkan produk kopi asal Papua ini bisa dijual ke pasar ekspor pada 2018. Hal ini juga sambil menunggu produk kopi tersebut diproduksi dan siap untuk dipasarkan.

“Sudah ada permintaan tapi kan barangnya belum ada, sekarang belum panen untuk yang Wamena. Mungkin Desember mulai panen, sudah saya siapkan mesin jahit karung, karung goni untuk supaya ketika sudah bagus disimpan nanti siap ekspor. Target 2018 awal kita ekspor,” tandas dia.

Sumber : liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *