Puluhan pengendara kena tilang selama Operasi Patuh Matoa 2019

Hits: 5672

Papuajaya.com – Biak – Sejak digelarnya Operasi Patuh Matoa 2019 yang telah berlangsung selama 8 hari, Satuan Lalulintas Polres Biak Numfor telah memberikan sanksi berupa tilang maupun teguran kepada Puluhan Pengendara atau pengemudi di Biak. Hal tersebut diungkapkan Kasat Lantas Iptu Lamasi, S.Ip usai melakukan razia di Halaman Kantor Sat. Lantas sore ini, Selasa (1/10/2019).

Kasat Lantas Polres Biak Numfor saat memeriksa kelengkapan surat - surat saat berkendara
Kasat Lantas Polres Biak Numfor saat memeriksa kelengkapan surat – surat saat berkendara

Dikatakan Kasat Lantas bahwa selama 8 hari pelaksanaan operasi Patuh Matoa 2019, pihaknya telah menilang sebanyak 57 pelanggar dan ratusan teguran.

“Walaupun ini Operasi Patuh yang seharusnya lebih banyak memberikan sanksi berupa tilang langsung kepada pelanggar, namun untuk kali ini kami lebih mengedepankan persuasif dengan memberikan sanksi berupa teguran tertulis, hal ini dilakukan mengingat situasi secara umum saat ini di Papua,” jelas Iptu Lamasi.

Kasat Lantas juga menambahkan bahwa yang ditindak dengan tilang rata-rata yang tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM), karena hal tersebut merupakan pelanggaran berat, juga pada pengendara yang menggunakan knalpot racing.

“Knalpot racing juga menjadi sasaran utama operasi patuh saat ini, dan jika ditemukan langsung dikenakan tilang, karena itu salah satunya yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat, yang juga merupakan salah satu pelanggaran lalulintas,” tambah Kasat Lantas.

Selain melakukan Razia secara stasioner, pihak Satuan Lalu Lintas juga gencar melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, sebagaimana program Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksanta, SIK yaitu Polisi Menyapa Sejuta Pelajar.

Hal itu dibenarkan Kanit Dikyasa Aiptu Muhammad Ruslan. “Hampir setiap hari kami mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Biak, selain menyampaikan pentingnya tertib dalam berlalulintas, kami menanamkan disiplin dan memberikan motivasi belajar kepada pelajar, agar nantinya dapat mencapai cita-citanya sesuai yang diharapkan,” pungkas Kanit Dikyasa. (Fs)