Polres Biak Numfor Turunkan Puluhan Personil Gabungan Amankan Perayaan Idul Fitri 1442H

Hits: 495

Papuajaya.com – Biak – Polres Biak Numfor Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Matoa 2021 dengan tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Matoa 2021 kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan idul fitri 1442H”, bertempat di Mapolres Biak Numfor, Kamis (6/5/2021)

Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Biak Numfor, AKBP Andi Yoseph Enoch, SIK dan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor, Markus O. Mansnembra, Dandim 1708/BN, para pejabat utama Polres Biak Numfor, dan Forkopimda Kabupaten Biak Numfor.

Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres Biak Numfor menyampaikan, Operasi Ketupat Matoa 2021 akan dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 6 Mei – 17 Mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakkan hukum dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

“Operasi Ketupat Matoa 2021 akan melibatkan 90.592 personil Polri, 11.533 personil TNI, serta 52.880 instansi terkait lainnya yang terdiri dari personil Satpol PP, Dinas Kesehatan, Pramuka, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja dan lainnya,” kata Kapolri

Disampaikan juga bahwa, Personil tersebut akan ditempatkan pada 333 Pos Penyekatan untuk mengantisipasi terhadap masyarakat yang masih nekad melakukan perjalanan mudik.

“1.536 Pos Pengamanan untuk melaksananakan pengamanan terkait gangguan Khamtibmas dan Kamseltibcar lantas dan 596 Pos Terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, dan tempat wisata dan lainnya,” tambah Kapolri

Sementara itu, Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Yoseph Enoch, SIK mengatakan, untuk personil Polres Biak Numfor yang diturunkan sebanyak 43 personil ditambah satuan samping lainnya untuk mengamankan perayaan idul fitri 1442H.

“Selain untuk pengamanan Idul fitri, operasi ini juga berkaitan dengan penerapan peraturan pemerintah terkait peniadaan mudik jadi kita akan cek semuanya. Kita juga akan koordinasi dengan instansi terkait baik Angkasapura, dinas perhubungan dan juga dinas kesehatan,” ungkap Kapolres

Kapolres menambahkan, personilnya juga masih melakukan pengamanan di tempat ibadah sampai dengan selesainya Perayaan Idul Fitri 1442H. (fs)