PKBM Blessing Papua dan MPKS bagi buku bacaan, buku tulis dan pensil ke SD INPRES Andai.

Hits: 779

Papuajaya.com | Manokwari ~ Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Blessing Papua, Maikel H. R Kondologit mengatakan, Pendidikan adalah senjata ampuh untuk mengubah dunia, dengan demikian semua pihak harus peduli terhadap pendidikan di tanah papua.
Kegiatan ini adalah salah satu program kami untuk peduli generasi penerus bangsa dalam bidang pendidikan.

Foto bersama dengan anak didik SD INPRES Andai
Foto bersama dengan anak didik SD INPRES Andai

Kunjungan kami ke SD INPRES Andai ini, karna kami mendapat info dari salah satu orang tua murid, bliau mengatakan sekolah ini butuh buku bacaan untuk perpustakaan dan butuh perhatian pemerintah untuk pengembangan proses belajar mengajar.

Saat mendapat info itu, saya langsung melakukan survei dan berkoordinasi dengan pihak sekolah SD INPRES Andai. Hasil survei di lokasi, sekolah ini belum memiliki perpustakaan. Sekolah berada di pinggir jalan utama/Trans, tidak ada rambu-rambu zonasi di jalan utama agar pengendara lalu lintas dapat mengurangi kecepatan saat melintasi area sekolah. Sekolah tidak memiliki pagar sehingga hewan peliharaan dari warga seperti Babi masuk ke halaman sekolah, hal itu terlihat dari terdapat banyak kotoran hewan di halaman sekolah, hal ini membahayakan kesehatan para siswa-siswa & para guru.

Melihat semua fenomena di SD ini, hati kami sangat tergerak untuk peduli dengan apa yg bisa kami lakukan. Kami melakukan aksi donasi melalui SMS ke orang-orang yang kami kenal dan melalui Face book kepada semua relasi untuk berpartisipasi mengumpulkan buku bacaan, buku tulis dan pensil, kemudian kami paketkan lalu antar ke sekolah.
Sehingga hari ini PKBM Blessing Papua bersama komunitas MPKS melakukan kegiatan perdana ke SD Andai dengan membagi buku bacaan ke pihak sekolah untuk pengembangan perpustakaan. Dan membagi buku tulis dan pensil kepada siswa-siswa dari kelas 1 – kelas 6. Total siswa 150 orang. 1 siswa mendapat 1 paket berisi 1 buku dan 1 pensil.

Kedepan semoga kami bisa bersinergis untuk mencari solusi bersama-sama untuk pendidikan di SD INPRES Andai.

Ketua Komunitas Mahasiswa program kerjasama (MPKS) Nur Hadi Efun mengatakan, MPKS adalah Program Keguruan kerja sama PEMDA Kab. Teluk Bintuni dengan Universitas Papua untuk menyekolahkan mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk nantinya menjadi guru yang nantinya dapat kembali mengapdi sebagai tenaga guru di Kab.Teluk Bintuni.

Kegiatan peduli pendidikan merupakan bagian dari profesi kami sebagai calon guru.
Kami berterima kasih kepada PKBM Blessing Papua yang mau bekerja sama dengan kami untuk sama-sama melakukan kegiatan di hari ini.

Kami akan berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan program mengajar sesuai kebutuhan sekolah. Namun yang sudah kami targetkan adalah mengajar dasar-dasar seperti membaca, menghitung, bahasa inggris dan muatan lokal.

Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan ini akan untuk menambah pengalaman bagi profesi kami dan sebagai bekal saat lulus dari UNIPA kami dapat pulang kembali untuk membangun Kabupaten Teluk Bintuni yang mengutus kami untuk menimbah ilmu dan belajar di UNIPA.

Semoga apa yang kami lakukan dapat membantu mencerdaskan anak bangsa.

Wakil kepala sekolah SD INPRES Andai Bpk. Karubaba mengapresiasi serta berterima kasih kepada PKBM Blessing dan Komunitas MPKS yg telah peduli mau berkunjung dan berbagi manfaat kepada SD INPRES Andai.

Karubaba, berharap Pemerintah dapat membantu melengkapi kebutuhan SD INPRES Andai seperti Pagar sekolah, Zonasi sekolah, sarana dan prasarana sekolah untuk menunjung proses belajar-mengajar.

Maikel