PEMALANGAN STADION PAPUA BANGKIT “PEMERINTAH SUDAH MENYELESAIKAN TANGGUNG JAWAB”

Hits: 819

PAPUAJAYA.com|SENTANI – JAYAPURA| SENIN, 15 JULI 2019 – Setelah pembukaan kegiatan Pelatihan Teknis bagi fasiitator Kampung mengenai pemetaan wilayah adat, Bupati, sampaikan bahwa masalah lokasi Pon sudah diatasi oleh Pemerintah.

Terkait dengan aski demo dan pemalangan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Nendali beberapa waktu lalua dilokasi Pon XX Kampung Harapan, Bupati menilai bahwa itu hanya soal pembangian kedalam, Pemerintah tidak bisa masuk kedalam.

Masalah pembangian kedalam yang perlu di klirkan oleh Masyarakat kampung Harapan dan Kampung Nendali, dan Pemerintah Provinsi juga harus pastikan bahwa persoalan itu sudah sesuai dengan menunjukan dokumen-dokumen sebelumnya,(Senin/15/7/2019).

Bupati Jayapura. Mathius Awoitauw, SE.M.Si, ketika di wawancarai oleh salah satu wartawan media on line papuajaya.com, menyampaikan, proses pencairan sejak awal itu perlu dilihat kembali apakah Kampung Nendali sudah termasuk, jika terjadi bahwa ada orang yang datang ke Provinsi trus ambil dan tidak ada pembagian yang baik dan benar maka kesalahan itu ada di Pemerintah Provinsi.

“Masyarakat Kampung Nendali dan Kampung Harapan adalah keluarga terutama yang mempunyai batas-batas tanah di lokasi tersebut, Saya berharap, bisa duduk bersama dan bicara serta memastikan kenapa sampai terjadi seperti ini, bicara sebagai Keluarga dan Saudara, jangan karena uang hubungan Keluarga jadi retak”, ucap Bupati.

Mathius, menambahkan, bahwa yang perlu diluruskan bagaimana proses penyerahan sejak awal dan bagaimana mengatur kedalam, Pembanguna gedung dan fasilitas tetap berjalan dan tidak boleh diganggu, karena pembangunan dilakukan Negara memiliki data dan bukti bahwa sudah menyelesaikan masalah tanah adat tersebut.

Proses merasa dirugikan dapat berjalan tetapi jangan menganggu proses pembangunan yang berlansung, yang terpenting adalah kedua masyarakat dari kedua kampung harus duduk bersama dan dibicarakan agar masalah ini dapat diselesaikan dengan baik.

Awoitauw, menyakinkan bahwa setiap persolan jika diurai dengan baik pasti akan selesai dengan baik juga, sangat penting untuk kedua keluarga tersebut dari Kampung Nendali dan Harapan untuk duduk bicara, dan tidak usah banyak-banyak orang bicara cukup beberapa orang tertentu yang bicara dan selesaikan masalah ini, karena kekeluargaan diatas segala-galanya dan uang bisa jadi kutuk dan jadi berkat.

Bupati juga sampaikan bahwa kedepan Kampung Nendali akan diutamakan dalam program apapun kedepan dan Pemerintah Provinsi harus bertanggung jawab terkait aksi yang dilakukan oleh Masyarakat kampung Nendali, karena Negara tidak akan membayar dua kali di Lokasi yang sama.

Redaksi : ElDan
Papuajaya.com