Para Pelaku Pengadaan Barang dan Jasa se Provinsi Papua ikut Sosialisasi

Hits: 298

Papuajaya.com – Biak – Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Papua melaksanakan Sosialisasi Peraturan Presiden no 17 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat serta Peraturan Gubernur no 14 Thun 2019 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah bagi pelaku pengadaan barang dan jasa di Provinsi Papua.

Kepala Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa setda Provinsi Papua, Debora D. Solossa, S.Hut, M.M
Kepala Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa setda Provinsi Papua, Debora D. Solossa, S.Hut, M.M

Peserta yang hadir terdiri dari pelaku pengadaan barang dan jasa se Provinsi Papua diantaranya PA, PPK, dan KPA. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Asana Biak, Sabtu (30/11/2019) bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP) sehingga dapat menjadi pengusaha yang terlibat dalam proyek pemerintah.

Kepala Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Papua Debora D. Solossa, S.Hut, M.M, selain meningkatkan pemberdayaan OAP, sosialisasi juga dilakukan untuk menata kembali sistem yang sudah ada sebelumnya.

“Pencapaian kita untuk pelaku usaha OAP dari data kami di tahun 2014 sampai saat ini, tidak banyak pengusaha OAP yang terlibat. Untuk itu kami buat Perpres dan Pergub untuk menjadikan mereka (OAP) terlibat dalam proyek pemerintah yang kemudian kami bisa pantau pergerakannya dan kami harapkan grafik itu semakin meningkat,” Ujar Debora

Debora mengakui bahwa sampai saat ini yang menjadi kendala dalam Perpres no 17 tahun 2019 dan Pergub no 14 tahun 2019 adalah mainset dari eksekutor yakni PA, KPA dan Bupati sehingga mereka harus berkomitmen untuk melakukan pemberdayaan terhadap pengusaha OAP.

Diakui juga, para pengusaha OAP yang ada tidak memiliki modal sehingga perlu menggandeng stakeholder lain seperti pemberi jaminan untuk menjamin bahwa mereka mampu untuk bekerja.

“kita harus mulai mempercayai mereka bahwa mereka layak dan wajib kita melakukan pemberdayaan dan menaruh kepercayaan kepada mereka,” kata Debora

Debora pun berharap, pengusaha OAP harus percaya kepada pemerintah. Kalau hari ini kita memulai sesuatu, mudah – mudahan tahun depan kita sudah mulai berjalan pelan tapi pasti. Kalau Tuhan berkehendak, pasti akan terlaksana. Tutup Debora (fs)