PAPUA MEMILIKI BERBAGAI NILAI BUDAYA

Hits: 5893

SENTANI-JAYAPURA|PAPUAJAYA.com|Maret 17/2018 – Adat Istiadat Suku Sentani Tetap di Pertahankan  Bagi masyarakat adat Papua, budaya atau adat-istiadat sangat penting dan perlu di ketahui oleh generasi masa kini dan budaya harus di pertahankan dan di leatarikan.

Keluarga pihak laki-laki dalam persiapan harta emas kawin berupa Tomako Batu dan Manik-manik.

Salah satu nilao budaya prosesi pembayaran adat harta emas kawin, Papua memiliki berbagai suku dan juga nilai budaya suku tersebut masing-masing dengn tatanan adatnya sendiri.

Salah satu contoh nilai budaya yang di miliki oleh masyarakat Adat Suku Sentani, pada umumnya masyarakat Jayapura, dimana prosesi pembayaran harta emas kawin masih menggunakan tomako batu dan manik-manik yang merupakan alat atau harta yang mahal untuk prosesi pembayaran dan juga uang tunai.

kali ini pembayaran yang dilakukan adalah Suku Sentani marga (Ondikeleuw) akan bayar kepada Suku Sentani marga (Mokai), seperti biasanya sebelum dilakukan pembayaran pihak laki-laki harus melakukan pertemuan keluarga sebanyak tiga (3) kali dalam pertemuan tersebut pihak laki-laki wajib mengumpulkan Tomako Batu, Manik-manik dan uang, jika semua sudah siap, kemudian atur waktu kapan dilakukan pembayaran kepada pihak perempuan.

Juru bicara pihak laki-laki Edison Yoangka mengatakan, pertemuan kali ini yang terakhir, maka semua kewajiban kepada semua keluarga harus segera di lengkapi kalau masih ada yang kurang.

“Dari pertemuan yang dilakukan pada hari Sabtu 17 Maret 2018 di rumah Kepala Suku Amos Ondikeleuw telah di sepakati bahwa proses pembayaran kepada pihak perempuan akan dilakukan pada tanggal 24 maret 2018” ujarnya.

Dari semua persiapan Tomako Batu dan Manik-manik sudah selesai, dan pada hari pembayaran nanti, keluarga di wajibkan membawa uang tunai.

Prosesi pembayaran ini merupakan budaya suku sentani yang dilakukan sejak nenek moyang hingga saat ini, di tengah perkembangan teknologi yang pesat, namun nilai budaya harus di pertahankan. -Eluay &- papuajaya.com.