ONDOFOLO KAMPUNG YOBOI : DERMAGA PANTAI YAHIM PERLU DISERIUSI KEDEPAN

Hits: 10732

PAPUAJAYA.com | SENTANI-JAYAPURA| 17 APRIL 2019 – Dermaga Pantai Yahim merupakan salah satu Dermaga sangat sentral karena yang menggunakannya ada tujuh kampung di dataran Danau Sentani, musibah bencana banjir bandang mengakibatkan Dermaga Pantai Yahim harus tertutupi oleh lauapan air Danau.

Ondofolo Kampung Yoboi FRANS H WALLY melihat luapan air Danau Sentani yang masih tinggi, di beberapa Kampung yang berada di pinggiran Danau Sentani. (foto. Daniel)

Dari hasil pantauan dilapangan bahwa Dermaga Pantai Yahim yang dulunya dikenal dan sangat di minati oleh Masyarakat suku Sentani seara khusus dari tujuh Kampung yang menggunakannya, namun saat ini hanya menjadi sebuah kenangan dan cerita menjadi yang hanya bisa dilihat oleh mata namun tidak bisa dipijakan kaki diatas Dermaga Pantai Yahim tersebut, (Sabtu/13/04/2019).

Ondofolo Kampung Yoboi, Frans H Wally, kepada wartawan papuajaya.com, menyamapikan, masalah dermaga pantai yahim ini harus di seriusi dan diperhatikan dengan baik karena kasus seperti ini pernah terjadi sejak tahun 2007 ketika terjadi bencana banjir bandang yang sama di tahun ini.

“ Hilangnya Dermaga Pantai Yahim akibat luapan Air Danau Sentani juga berpengaruh terjadap aktifitas masyarakat yang bekerja di kantor, Anak-anak sekolah, Anak-anak yang kuliah dan juga dan juga masyarakat lainnya”, ucap Frans ketika dalam perjalanan dari Pantai Yahim menuju Kampung Hobong.

Odofolo Kampung Yoboi, mengaku bahwa sejak dahulu sampai saat ini dirinya ketika melakukan akitifitas dari Kampung kek Kota harus melewati Dermaga Pantai Yahim, melihat kondisi Dermaga saat ini memang hati ini pilu namun apa yang dapat kami lakukan sebagai manusia, karena musibah bukan direncanakan namun adalah kehendak Tuhan, namun saya mengajak kembali kepada semua pihak secara khusus Pemerintah untuk lebih fokus memperhatikan Dermaga ini agar bisa dibangun yang baik kedepan.

Redaksi : Daniel
Papuajaya.com