New Normal, BPJS Kesehatan Biak Ajak Peserta Manfaatkan Layanan Digital

Hits: 14

Papuajaya.com – Biak –  Sebagai langkah memasuki new normal atau era kehidupan baru, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat peserta JKN-KIS.

Meskipun pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan sudah bisa dilakukan, namun BPJS Kesehatan tetap mengimbau peserta untuk bisa memaksimalkan layanan digital yang dimiliki BPJS Kesehatan guna menghindari penumpukan peserta, salah satunya melalui aplikasi Mobile JKN.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Nurhidayat mengatakan, setiap hari pihaknya selalu berupaya mengedukasi masyarakat maupun peserta ataupun calon peserta yang datang ke kantor cabang untuk mengunduh aplikasi tersebut.

“Kami senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan meningkatkan kepuasan peserta. Petugas kami secara bergiliran memperkenalkan aplikasi Mobile JKN dan mengedukasi manfaat serta fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Mobile JKN. Petugas akan mengajak dan membantu peserta untuk dapat mengunduh aplikasi Mobile JKN dan selanjutnya menjelaskan kemudahan yang ada pada aplikasi Mobile JKN itu sendiri,” ujar Nurhidayat, Jumat (10/07/2020).

Ia juga menjelaskan bahwa, fitur-fitur di aplikasi Mobile JKN sangat lengkap, mulai dari pendaftaran online peserta, mengubah data peserta, pindah fasilitas kesehatan, pengaduan keluhan dan juga pengambilan nomor antrian di fasilitas kesehatan bisa dilakukan pada aplikasi ini. Yang terbaru, terdapat fitur konsultasi dokter dan juga Skrining Mandiri Covid-19.

“Masing-masing menu tersebut sangat memudahkan peserta baik dalam hal melakukan pendaftaran berobat, mengecek iuran dan riwayat pembayaran, KIS Digital, pendaftaran peserta, ganti lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), melihat riwayat pelayanan dan masih banyak fitur lainnya yang dapat memudahkan peserta, bahkan jika ada keluhan juga bisa disampaikan melalui Mobile JKN,” jelasnya

Ia menambahkan, selain Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga telah memperkenalkan 2 aplikasi yang bisa sangat membantu peserta JKN dalam memperoleh informasi dan melakukan pengaduan, yaitu layanan Chat Assistant JKN (Chika) dan layanan Voice Interactive JKN (Vika).

“Kami berharap dengan adanya berbagai kemudahan layanan digital ini, tidak ada lagi masyarakat peserta JKN-KIS yang mengeluh terkait antrian di kantor, karena dengan Mobile JKN, Chika serta Vika, semua layanan di kantor BPJS Kesehatan serasa ada dalam genggaman, ”katanya.

Adhi Permana (30), salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang datang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi semua langkah yang dilakukan BPJS Kesehatan. Ia mengatakan semua aplikasi layanan digital yang diluncurkan ini, membuat pola interaksi langsung menjadi berkurang sangat signifikan, dan tentu saja sangat membantu peserta dalam menyelesaikan semua proses yang berhubungan dengan kepesertaan di BPJS Kesehatan.

“Tadi ketika dipelayanan pada saat mengurus kepesertaan anak saya yang baru lahir, saya dipandu oleh petugas mengunduh dan mendaftar aplikasi, ternyata mudah dan sangat bermanfaat sekali. Ke depannya untuk keperluan terkait kepersertaan JKN-KIS saya sudah bisa terselesaikan lewat aplikasi ini tanpa hrus ke kantor lagi,” ungkapnya (fs)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.