Menjadi Peserta Program JKN KIS, Ika MerasaAman Melahirkan Anak Pertama

Hits: 315

Papuaja.com – Biak – Manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dirasakan oleh pasangan suami istri di Kabupaten Biak Numfor. Jessica Victory (31) dan suaminya Yudi Pali (36). Mereka merasa terbantu dengan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada saat Jessica melahirkan anak pertama mereka di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak Numfor. Pasangan yang berasal dari Kelurahan Karang Mulia ini mengaku merasa beruntung menjadi peserta JKN-KIS.

“Sejak mendaftar sebagai peserta JKN-KIS pada tahun 2015 lalu, saya merasa terbantu, khususnya dalam hal pembiayaan pengobatan. Pada saat ada keluhan tentang kesehatan saya langsung ke tempat fasilitas kesehatan dengan pembiayaan yang nihil. Saya dan kaum ibu pada umumnya pasti merasakan hal yang sama bagaimana melahirkan di rumah sakit, harus benar-benar mempunyai persiapan yang matang khususnya dalam pembiayaan, beruntung kami sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, jadi biaya pengobatan yang begitu mahal bisa terbantu,” ungkap Ika, Kamis (05/11/2020).

Lebih lanjut Ika juga menceritakan pengalaman melahirkan anak pertamanya melalui Program JKN-KIS dengan lancar hingga pulang dari RSUD Biak Numfor.

“Saya melahirkan anak pertama saya pada 17 Februari 2020 lalu. Puji Tuhan, selama proses persalinan tidak ada kendala yang berarti dan berjalan dengan lancar. Suami saya bercerita, ketika mengurus BPJS Kesehatan pun tidak seribet yang dibayangkan dan dirumorkan. Malah kata suami saya, sangat puas dengan pelayanan yang diberikan,” terang Ika.

Menurut Ika, iuran yang sering dipotong dari gaji masih lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya pengobatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ika juga mengajak kepada masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS sebaiknya segera mendaftar karena sakit tidak tahu kapan datangnya.

“Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah membuat program ini agar yang bukan PNS pun bisa menjadi peserta JKN-KIS, karena bagi saya kesehatan adalah hal yang paling berharga. Dengan menjadi peserta JKN-KIS secara tidak langsung kita juga ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program tersebut,” tuturnya. (fs/hs)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.