MEMPERINGATI HARI NOKEN SEDUNIA MASYARAKAT KOTA MANOKWARI LAKUKAN JALAN SANTAI

Hits: 13386

Papuajaya.com |Manokwari | Selasa ( 4/12/2018 ). Gabungan masyarakat di Kota Manokwari Papua Barat, melakukan jalan santai pada pukul tiga sore, dari lapangan Borasi hingga finis di Gor Sanggeng untuk memperingati hari noken sedunia.

Foto calvin. Gabungan masyarakat jalan santai memperingati hari noken sedunia

Pada kegiatan jalan santai yang di lakukan dalam rangka memperingati hari noken sedunia yang genap emam tahun, tergabung dan di akui oleh Unesco sebagai benda budaya di dunia. Jalan santai yang berakhir di Gor Sanggeng, di lakukan dengan orasi oleh, para aktivis dan masyarakat tentang pentingnya melindungi noken sebagai benda budaya dan di wajibkan bagi seluruh masyarakat Papua agar menggunakan noken sebagai identitas dan jati diri orang Papua sebagaimana yang di lakukan oleh, Titus Pikey sebagai Budayawan Papua yang berhasil memamerkan Noken asal Papua di luar negeri.

Dalam kesempatan itu sejumlah masyarakat menandatangani petisi untuk meminta pemerintah daerah Papua Barat agar membangun Galeri sebagai tempat penjualan noken buatan mama-mama Papua dan membangun perpustakaan untuk menyimpan buku-buku yang di tulis tentang budaya di Papua dan Papua Barat, serta pemerintah diwajibkan membuat perda noken.

Untuk mengakhiri kegiatan tersebut masyarakat meramaikan dengan mengisi acara panggung di Gor Sanggeng dengan menyanyikan lagu-lagu daerah Papua.

Redaksi : Calvin Papuajaya.