LPA TUBABA MINTA WAKIL RAKYAT KAWAL ANGGARAN PERLINDUNGAN ANAK DALAM DANA DESA

Hits: 14078

TULANG BAWANG TENGAH, TUBABA | PAPUAJAYA.com | April 2018 – (pojokTubaba.com) – Memasuki masa reses anggota DPRD Tulangbawang Barat (Tubaba) Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Tulang Bawang Barat – Provinsi Lampung (LPA Tubaba), Elia Sunarto minta wakil rakyat dapat memberi perhatian lebih pada pengawasan anggaran perlindungan anak yang dialokasikan pada Dana Desa, demikian disampaikan pria berambut putih itu kepada media, Senin 02/04/2018.

Untuk diketahui, DPRD Tubaba baru saja melakukan penjaringan aspirasi warga melalui reses anggotanya yang dilakukan di masing-masing daerah pemilihan (dapil). Aspirasi yang disampaikan ketua lembaga pendamping anak itu dinggap penting karena perlindungan anak adalah program unggulan pemerintah pusat yang kegiatannya mendapat support melalui alokasi Dana Desa.

“Kami pantas pertanyakan anggaran perlindungan anak yang dialokasikan dalam DD, dasarnya adalah Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2018. Ini hal wajib yang harus dilakukan,” tegas Elia Sunarto bersemangat.

Lebih jauh Elia Sunarto menjelaskan, untuk memperjuangkan ini setidaknya sejak akhir tahun 2016 LPA Tubaba difasilitasi Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Tiyuh/Kelurahan Kabupaten Tubaba (dahulu, sekarang sudah dinas) sudah melakukan pertemuan dengan seluruh kepalo tiyuh dan camat se-Tubaba.

“Pertemuan dengan kepalo tiyuh dan camat ini sudah tiga kali kami lakukan, belum lagi yang sifatnya sporadis, tatap muka langsung atau per kecamatan. Atensi untuk ini terus kami tingkatkan, menghadap Assisten I sudah, Bagian hukum maupun Bagian Administrasi Wilayah dan Otonomi Daerah juga sudah” terangnya.

Menurut pegiat anak ini, hal itu harus diperjuangkan, karena program perlindungan anak sudah menjadi prioritas pemerintah pusat. Sementara melalui APBD Tubaba yang seyogyanya LPA juga dapat belum dianggarkan.

Melalui penjaringan aspirasi warga, LPA Tubaba sampaikan aspirasinya terutama kepada Komisi B DPRD Tubaba sebagai mitra strategisnya. Apalagi beberapa wakil rakyat seperti Githo, S. Pdi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Dra. Hj. Yulisa Triginayu, MM dari Partai PDI Perjuangan memang sering bertemu bersama-sama berkegiatan dengan LPA Tubaba.

Redaksi – Editor : Herman Omco – Papuajaya.com