Lita: Jangan Merasa Rugi Gaji Dipotong untuk Iuran JKN-KIS, Rasakan Manfaatnya

Hits: 2195

Papuajaya.com – Biak – Lita Sari (53) terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Lita sendiri sudah merasakan manfaat kepesertaan JKN-KIS, baik saat berobat di Puskesmas maupun di rumah sakit. Lita bercerita banyak manfaat yang dirasakannya, terutama ketika berobat untuk penyakit tiroid yang dialaminya. Ia juga akhirnya menyadari dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari Program JKN-KIS membuktikan bahwa program ini memang benar-benar terbukti dan pantas jika kepesertaannya wajib bagi seluruh penduduk Indonesia.

“Berawal dari benjolan yang terus bertumbuh dibagian dada, karena merasa curiga saya bergegas menemui dokter bedah.Setelah melakukan pemeriksaan dan kata dokter saya memiliki tiroid dan harus segera ditangani lebih lanjut. Lalu dokter menyarankan saya untuk dirujuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak Numfor untuk melakukan operasi. Dan ternyata pengobatan tersebut bisa di jamin oleh Program JKN-KIS,” cerita Lita di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Senin (28/09).
Ia mengatakan, Pogram JKN-KIS benar-benar membantu pesertanya. Ia mengaku pernah membaca artikel bahwa peserta dengan penyakit kronis seperti kanker, cuci darah, diabetes yang semuanya bisa dijamin oleh Program JKN-KIS. Pelayanan yang diberikan dokter dan perawat ketika saya berada di RSUD Biak Numfor pun sangat memuaskan.
“Yang terpenting, tidak perlu lagi memikirkan besarnya biaya rumah sakit yang harus dibayarkan karena semua telah dijamin Program JKN-KIS sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan prosedur yang telah ditetapkan,” tutur Lita.
Merasa kesehatannya telah aman dan terjaga dengan kehadiran Program JKN KIS,, Lita berpendapat bahwa iuran yang terpotong dari gajinya mungkin tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan saat berobat di RSUD Merauke.
“Saya berharap peserta PPU seperti saya, jangan merasa rugi setiap bulan terpotong gaiinya untuk pembayaran iuran JKN KIS karena kita mendapatkan manfaat yang setimpal. Selain itu kita harus ingat bahwa BPJS Kesehatan menerapkan sistem gotong royong sehingga ada peserta lain yang juga membutuhkan iuran kita untuk membiayai pengobatannya. Merasakan manfaat Program JKN-KIS yang begitu besar, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah menjalankan Program JKN-KIS dan berharap agar pelayanan yang terbaik dapat terus diberikan kepada peserta JKN-KIS,” kata Lita. (fs)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.