Layanan Makin Mudah, Puskesmas Biak Kota Mulai Terapkan Antrean Elektronik

Hits: 1404

Papuajaya.com – Biak – BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) menerapkan berbagai inovasi guna meningkatkan kepuasan dan pelayanan peserta di tahun 2020 ini, salah satunya yaitu implementasi sistem antrean elektronik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Salah satu FKTP di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor yang menjadi pilot project penerapan aplikasi sistem antrean secara elektronik ini adalah Puskesmas Biak Kota. Sebelum diresmikan akhir Januari lalu, antrean eletronik ini terlebih dahulu diuji coba ke beberapa pengunjung yang datang berobat di Puskesmas.

Kepala Puskesmas Biak Kota Zet Matias Mnsen ditemui saat sedang memantau jalannya penerapan sistem antrean elektronik di Puskemas Biak Kota, Senin (10/02/2020) mengatakan, sangat mendukung adanya sistem antrean elektronik yang dapat diakses oleh pasien melalui Aplikasi Mobile JKN itu. Menurutnya banyak pengunjung yang merasa puas dan nyaman dengan keberadaan sistem ini. Pengunjung yang hendak berobatpun merasa terbantu, karena tidak perlu menunggu antrean pelayanan terlalu lama di Puskemas Biak Kota.

“Kepada BPJS Kesehatan kami mengucapkan terima kasih dengan adanya inovasi baru ini. Inovasi BPJS Kesehatan ini adalah program baik untuk memberikan pelayanan maksimal kepada peserta. Banyak peserta yang dalam beberapa hari ini ketika mereka datang berobat di Puskesmas Biak Kota, merasa senang karena di Puskesmas ada perubahan dan ada inovasi baru yang diterapkan,”ucap Matias.

Di sisi lain, Ia mengungkapkan dengan penerapan sistem antrean elektronik ini juga meringkaskan pekerjaan petugas Puskesmas yang biasanya petugas melakukan penginputan kembali pelayanan yang telah diberikan kepada pasien melalui Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan yang ada di Puskesmas. Menurut Matias hal ini tidak perlu dilakukan lagi karena pada saat pasien mengambil nomor antrean langsung terkoneksi ke Aplikasi P-Care tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Veni Permata Widjaja mengatakan, bahwa sistem antrean elektronik ini merupakan inovasi dari BPJS Kesehatan dalam rangka memberikan kepastian pelayanan kepada peserta JKN-KIS serta terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN dan juga aplikasi P-Care BPJS Kesehatan.

“Sistem antrean elektronik merupakan salah satu manfaat yang diberikan oleh aplikasi Mobile JKN yaitu kemudahan untuk mendapatkan pelayanan di FKTP dimana peserta tidak harus datang langsung ke FKTP untuk mengambil nomor antrean, bisa mendaftar melalui Mobile JKN. Hal ini adalah upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien di FKTP,” ujar Veni.

Lebih lanjut, Veni menjelaskan bahwa selama ini terdapat beberapa peserta yang datang ke FKTP tidak mendapat kepastian waktu kapan akan dilayani, sehingga waktu yang dimiliki peserta terbuang sia-sia untuk menunggu. Dengan adanya sistem antrean elektronik ini nantinya peserta dapat mengetahui perkiraan waktu pelayanan, sehingga peserta tidak perlu menunggu lama di FKTP dan dapat datang sesuai giliran layanan. Sistem antrean elektronik melalui aplikasi Mobile JKN ini merupakan solusi untuk mengatasi antrian peserta yang menumpuk di FKTP.

“Dengan adanya sistem antrean ini peserta akan mendapatkan kepastian dan ketepatan kapan waktu harus datang ke Puskesmas,” tutup Veni (fs)