KUASA HUKUM SEMANIS : ADA DUGAAN PELANGARAN PADA KPUD DAN BAWASLU MANSEL

Hits: 893

PAPUAJAYA.com | SOWI – MANOKWARI | RABU 23 SEPTEMBER 2020 – Kabupaten Manokwari Selatan. Provinsi Papua Barat, belum tentu Bapaslon Petahana lawan kotak kosong.

Kuasa Hukum BAPASLON SEMANIS HABEL RUMBIAK. SH., ketika memberikan keterangan Pers, di salah Hotel Kota Manokwari, PRovinsi Papua Baray. (DF; El&).
Kuasa Hukum BAPASLON SEMANIS HABEL RUMBIAK. SH., ketika memberikan keterangan Pers, di salah Hotel Kota Manokwari, PRovinsi Papua Baray. (DF; El&).

Pemilu Kepala Daerah tahun 2020 serentak akan dilakukan, berbagai tahapan mulai dan telah dilakukan oleh KPU masing – masing Daerah, begitupun juga KPUD Kabupaten Manokwari Selatan (ManSel).

Berkas Pendaftaran BAPASLON ( Bakal Pasangan Calon ) SEMANIS ( Seblum Mandacan – Imam Syafi’i) lengkap, sesuai dengan formulir model B.1.KWK.PARPOL, dari Partai Amanah Nasional dan Partai Gerindra.

BAPASLON SEMANIS telah mengantongi berkas lengkap dari Partai Politik dan secara formal bisa diterima pendaftarannya.(Rabu, 23/08/2020).

Ketika diwawancarai oleh awak Media di salah satu Hotel di Manokwari. Kuasa Hukum Bapaslon Semanis. Habel Rumbiak. SH., mengatakan, masalah yang terjadi adalah Data Silon, akibatnya tidak diterima berkas Bapaslon, karena hak Kandidat untuk mencalonkan diri bukan ada pada Silon, tetapi ada pada B.1.KWK. Partai Politik, yang menggunakan jalur Partai.

” KPUD Mansel membuka pendaftaran pertama tanggal 4 – 6 September 2020, karena satu Bapaslon yang terdaftar, KPUD Mansel, membuka pendaftaran kedua pada tanggal 11 – 13 September 2020. Saat itu Bapaslon Semanis daftar dan berkasnya di kembalikan akibat Data Silon yang masih tertera nama pemegang surat mandat per tanggal 6 September 2020, seharusnya surat mandat itu tidak berlaku lagi” pungkas Habel.

Seharusnya, BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Mansel memberikan pendapat mengatasi masalah ini, namun tidak dilakukan. Dan ini terkesan bahwa Bawaslu lebih memilih Bapaslon tertentu dan tidak mengambil solusi atas permasalahan yang terjadi, ucap Kuasa Hukum Semanis.

Dikatakan Habel., akibat kejanggalan yang terjadi, Kami akan mengambil langkah untuk mengajukan pemasalahan ini kepada DKPP untu dinilai, apakah terjadi pelanggaran kode etik atau tidak.

” Kami juga akan mengajukan kepada Bawaslu Kabupaten Mansel untuk menilai dengan persidangan musyawarah yang akan dilakukan. Laporannya telah di sampaikan kepada Bawaslu Kabupaten Mansel pertanggal 22 September 2020 dan laporannya sudah lengkap.

” RUMOR YANG BERKEMBANG BAHWA, PETAHA LAWAN KOTAK KOSONG’ HAL TERSEBUT DIKATAKAN KUASA HUKUM SEMANIS, BELUM TENTU LAWAN KOTAK KOSONG ” dengan nada santainya, di salah satu hotel di Manokwari Siang tadi.

Tahapan pemilu tetap berjalan sesuai dengan mekanisme dan jadwal, dan proses ini juga akan berjalan. ” Walaupun Kpu Mansel melakukan tahapan penetapan Paslon maka proses hukum terhadap SK Paslon akan dilakukan”

Rumbiak, menyampaikan bahwa Bapaslon Semanis akan perjuangkan hak – haknya yang telah diberikan ruang oleh undang – undang Pilkada maupun PKPU ataupun aturan Bawaslu, kami berharap Bapaslon SEMANIS bisa ikut serta dalam Pilkada Kabupaten Mansel 2020.

Redaksi : Eluay&
Papuajaya.com