Jemput bola, BPJS Kesehatan Biak buka layanan MCS di Darfuar

Hits: 2566

Papuajaya.com – Biak – BPJS Kesehatan siap berkeliling menyambangi pelosok negeri melalui layanan jemput bola Mobile Customer Service (MCS). Melalui MCS, masyarakat kini dapat lebih mudah menjangkau dan mengakses pelayanan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional -Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Mobile Costumer Service sedang melayani masyarakat yang datang dari berbagai tempat
Mobile Costumer Service sedang melayani masyarakat yang datang dari berbagai tempat

Tak jauh beda dengan pelayanan di kantor cabang, MCS dapat melayani seluruh administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan. Mulai dari pendaftaran peserta baru, pencetakan kartu peserta, perubahan data kepesertaan seperti pindah fasilitas kesehatan, perubahan kelas perawatan, penambahan anggota keluarga, pemberian informasi dan pengaduan.

“Kegiatan layanan jemput bola MCS ini sebenarnya adalah kantor BPJS Mini di mana kita langsung jemput bola ke masyarakat baik di Puskesmas maupun di Pasar dan tempat umum lainnya. Tujuannya adalah untuk validasi data-data yang masih belum valid terkait tanggal lahir, NIK maupun alamatnya nya,” Ungkap Kepala bidang kepesertaan dan pelayanan peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor, Nurhidayat saat ditemui media, Jumat (13/12/2019)

Nurhidayat juga mengatakan, sasaran dari layanan MCS sendiri adalah masyarakat yang aksesnya ke kantor cabang sangat jauh seperti di distrik maupun di daerah di luar kantor cabang Biak. “hari ini jadwal kami di Pasar Darfuar, kenapa targetnya di pasar karena sebenarnya di pasar yang bersebelahan dengan terminal Darfuar banyak masyarakat yang datang dari kampung ke kota bisa sekaligus dapat mengunjungi MCS untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan,” kata Nurhidayat

Nurhidayat juga menjelaskan, sebelum melakukan kegiatan layanan jemout bola MCS ini, petugas BPJS Kesehatan telah melakukan riset pemetaan terlebih dahulu daerah yang berpotensi untuk dilakukan layanan jemput bola MCS.

Nurhidayat berharap dengan adanya MCS dapat membantu masyarakat khususnya peserta BPJS Kesehatan yang ada di kampung – kampung yang jauh dari kota sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan, cukup dengan mengunjungi stand MCS yang selalu ada setiap minggu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Salah satu peserta yang mengunjungi layanan MCS di Darfuar merasa sangat puas setelah mendapatkan penjelasan dari petugas BPJS Kesehatan.

“Setelah mendapat penjelasan dari petugas, saya mengerti sekali dengan penggunaan kartu BPJS. Sebenarnya dengan turun ke lapangan sangat bagus sekali karena ketika ada masyarakat yang kurang paham tentang kartu JKN – KIS mereka dapat langsung bertanya, karena mungkin kesibukan mereka tidak sempat ke kantor mereka bisa bertanya lewat Mobile Customer Service,”
Ungkap Petrus Rumbarar (31)

Petrus Rumbarar merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang belum merubah kartunya sehingga dirinya mengunjungi MCS untuk bertanya terkait kartu JKN KIS miliknya.

Petrus berharap layanan MCS tidak hanya dilakukan di Pasar saja tetapi juga di kampung – kampung hingga ke Distrik sehingga dapat menjangkau masyarakat. “Mudah-mudahan kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan di pasar saja tetapi juga Mobile Customer Service jemput bola ini dapat dilakukan juga di kampung-kampung hingga ke distrik-distrik agar masyarakat disana paham tentang BPJS Kesehatan,” Harapnya (fs)