Jaga Kelestarian lingkungan, Lanal Biak laksanakan penanaman Mangrove

Hits: 2933

Papuajaya.com – Dalam rangka HUT TNI ke 74 tahun 2019, TNI Angkatan Laut Biak melaksanakan kegiatan penanaman Mangrove di Kampung Tanjung Barari Distrik Oridek, Kabupaten Biak Numfor. Senin, (07/10/2019)

Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran bersama Dandim 1708/BN saat menanam Mangrove
Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran bersama Dandim 1708/BN saat menanam Mangrove

Kegiatan penanaman mangrove sebanyak 300.074 ini di lakukan serempak di seluruh Indonesia, dan untuk Kabupaten Biak Numfor sebanyak 5.000 Bibit Mangrove. Selain dalam rangka HUT TNI ke 74, penanaman Mangrove ini juga dalam rangka memecahkan rekor MURI.

Komandan Lanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran mengatakan, penanaman Mangrove ini dilakukan karena dirinya dan semua masyarakat sekitar peduli akan lingkungan sekitar hutan mangrove.

“semua ini karena kita cinta akan lingkungan, cinta akan keasrian lingkungan, cinta akan ekosistem. Kita intinya, ekosistem kita rawat dengan baik sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sini.” Ujar Danlanal Biak

Dirinya juga sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan penanaman Mangoreve, selain memberikan manfaat kepada masyarakat di Kampung Tanjung Barari juga dapat memberikan pelajaran penting kepada pelajar dan mahasiswa yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Ini juga memberikan pelajaran bagi adik-adik kita mahasiswa dan Pramuka untuk nantinya Mari kita bersama-sama untuk kegiatan yang memberi manfaat untuk masyarakat sekitar agar masyarakat dapat hidup tenang, nyaman dan terjaga kelestarian lingkungan sekitar kita.” Kata Danlanal Biak

Sementara itu, Kepala Distrik Oridek Agustina Bonggoibo dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Danlanal Biak yang telah melaksanakan kegiatan penanaman Mangrove di Kampung Tanjung barari dan juga Kampung Sawadori. Dirinya juga berpesan kepada masyarakat sekitar agar dapat menjaga dan merawat Mangrove sehingga dapat tumbuh dengan baik.

“Hari ini kita menanam dan kedepannya mari kita sama-sama menjaga dan merawat mangrove ini sehingga bisa tumbuh dengan baik dan kedepannya pasti ada ekosistem lain yang hidup di dalamnya, Jadi mari kita sama-sama menjaga dan merawatnya dengan baik.” Ungkap Kadistrik Oridek

Di lain pihak, Kepala Kampung Tanjung Barari Distrik Oridek Alfred Rumkorem mengatakan bahwa dengan adanya penanaman mangrove ini dapat menolong masyarakat di sekitar kampung Tanjung barari untuk melestarikan lingkungan yang dahulu pernah rusak akibat adanya gempa bumi tahun 1996.

“Sampai saat ini ketika ada yang peduli, kami juga sangat merespon sekali, sangat apresiasi sekali kepada Lanal Biak yang telah datang bersama-sama dengan masyarakat untuk bisa sama-sama melakukan reboisasi khususnya untuk penanaman Mangrove di Kampung Tanjung Barari.

Alfred berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor dan dinas terkait agar dapat memperhatikan dan juga dapat membangun gorong-gorong disekitar tanaman Mangrove sehingga pengairan ke hutan Mangrove ini dapat berjalan dengan lancar dan tanaman mangrove dapat bertumbuh juga dengan baik. Tukasnya (fs)