HKN ke-58, Wakil Bupati Pimpin Apel Bersama

Hits: 409

Papuajaya.com Biak – Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor gelar Apel Bersama dalam rangka peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Tahun 2022 dengan mengangkat tema “Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku”, di Halaman Parkir RSUD Biak, Sabtu (12/11)

Apel bersama dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnembra, SE,. M.B.A dan dihadiri Plt Sekda Biak Numfor Zacharias L. Mailoa, Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwiri, SKM,. M.Kes, direktur RSUD Biak, Forkopimda, wakil ketua DPRD Biak Numfor, perwakilan TNI/Polri, dan para nakes di lingkungan pemda Biak Numfor.

Menteri Kesehatan RI Budi G. Sadikin dalam sambutannya yang dibacakan wakil bupati Biak Numfor mengatakan bahwa, tema yang dipilih kali ini untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19, sehingga masyarakat lndonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar lndonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

“Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, diseluruh dunia, sedang menghadapi ujian krisis kesehatan akibat pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya pulih. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, lndonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. lndonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 termasuk lima besar negara dengan vaksinasiterbanyak di dunia, dengan total 442juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan oktober 2022,” kata Menteri Kesehatan dalam sambutannya

Ia juga mengatakan agar kita tidak boleh lengah. Dimana sejak bulan Oktober, telah terdeteksi adanya kenaikan kembali kasus COVID-19. Dimana data kematian menunjukkan, 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster.

“Proporsi pasien yang meninggal akibat COVID-19 3 kali lebih banyak pada kelompok lansia dibandingkan dengan yang bukan lansia. Oleh karena itu, mari terus ingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksinasi COVID-19 dengan booster,” ujarnya

Ia juga menjelaskan, beberapa fokus 6 pilar transformasi kesehatan adalah transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Menkes dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan lndonesia.
“Perjuangan kita masih panjang. Saya berharap semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih & sehat, di antaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan dengan sabun,” harapnya

“Saya juga berharap insan kesehatan terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup, dan mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat,” tandasnya

Usai apel bersama dilanjutkan dengan penyerahan 3 unit mobil ambulance transport kepada Puskesmas Biak Kota, Paray, dan Yendidori. Dilanjutkan dengan Penandatanganan prasasti peresmian gedung Puskesmas Pasi dan Puskesmas Mandori.

Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Deklarasi STBM Bagi Kampung Andey, Mnuswor, dan Warsansan Distrik Biak utara. Diteruskan dengan launching Pemanfaatan Gedung IGD yang baru.