Hasil Swab Negatif, 5 Pasien Covid-19 di Biak Kembali Dinyatakan Sembuh dan Dipulangkan

Hits: 1372

Papuajaya.com – Biak – Sebanyak 5 pasien virus corona yang dirawat di RSUD Biak kembali dinyatakan sembuh dan dipulangkan kembali kerumahnya, Jumat (22/05/2020)

Bupati Biak Numfor saat melepas psien covid-19 yang telah sembuh untuk dipulangkan kembali kerumah masing - masing
Bupati Biak Numfor saat melepas psien covid-19 yang telah sembuh untuk dipulangkan kembali kerumah masing – masing

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor yang juga adalah Bupati Biak Numfor, Herry A. Naap didampingi Direktur RSUD Biak dan para dokter serta tim medis turut hadir dan melepas kelima pasien tersebut. Kepulangan kelima pasien diantar dan didampingi Kepala Distrik, Kepala Kelurahan, dan Kepala Kampung untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat menerima pasien yang telah sembuh kembali ke tengah – tengah masyarakat.

“Hari ini kami kembali melepas kelima pasien yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan setelah melalui pemeriksaan spesimen swab sebanyak 2 kali dan hasilnya dinyatakan negatif, sehingga saya meminta pejabat terkait untuk mendampingi pasien dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa virus corona ini bukan aib sehingga masyarakat harus memberikan dukungan, support kepada pasien yang telah sembuh untuk dapat kembali beraktivitas,” ujar Bupati

Bupati juga terus memberikan himbauan kepada masyarakat Kabupaten Biak Numfor untuk tetap mengikuti instruksi dan anjuran pemerintah daerah dalam melakukan social distancing. “Ketika kita terus melakukan perawatan, pendampingan bagi pasien covid-19 yang ada di ruang isolasi dan sedang di karantina saat ini mereka pun dapat segera sembuh dan kembali ke tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para dokter dan perawat yang terus memberikan pelayanan kepada pasien covid-19 selama menjalani perawatan di RSUD Biak. “Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dari para medis yang luar biasa sampai dengan akhirnya hari ini kita sudah ada 7 pasien yang negatif dan boleh dipulangkan ke tengah-tengah kehidupannya di keluarga dan masyarakat,” tuturnya

Dengan dilepasnya kelima pasien covid, maka kini total pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 7 pasien dari 28 orang dinyatakan positif terkomfirmasi tertular Virus Corona. Sementara 23 pasien lainnya kondisinya dalam keadaan baik-baik dan diharapkan bisa secepatnya sembuh sehingga bisa pulang kembali melakukan aktivitas seperti biasanya.

Sementara itu Direktur RSUD Biak, dr. Ricard R. Mayor, M.Kes juga menambahkan, bahwa pelayanan maksimal dengan mengedepankan kemanusiaan menjadi pegangan jajarannya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada semua pasien Covid-19 yang saat ini dirawat. Koordinasi dan komunikasi yang secara intensif kepada pasien dan jajaran perawat terus dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan.

“ Ini persoalan kemanusian, teman-teman sudah tidak mengenal lelah dan takut, mereka tetap memberikan pelayanan terbaik terhadap semua pasien Covid-19, baik yang statusnya PDP ataupun positif. Kami sebagai petugas kesehatan terus berupaya supaya semua pasien bisa lekas sembuh, dukungan dan doa dari masyarakat Biak Numfor terus kami harapkan,” tandasnya (fs)