FESTIVAL KRESNAYANA Candi Penataran Berspirit Kepemimpinan dan Pemersatu Nusantara Indonesia 2019

Hits: 3185

Papuajaya.com ~ Blitar Malam Sabtu Kliwon
15 November 2019
19.00 WIB.

Langit bersinar rembulan sempurna dan malam bercahaya indahnya lampu lampu festival, Bupati Blitar mengapresiasi Gelar Sendratari yang menceritakan cetakan sejarah dan kisah yang ada pada relief Candi Penataran yang sukses digelar di komplek halaman Candi Penataran.

Festival Kresnayana ini baru pertama kali digelar dan diproduksi oleh Disbudpar Pemprov Jatim.
Bupati Blitar Rijanto menguatkan dan menyerukan adanya beragam manfaat dengan digelarnya pementasan Festival Kresnayana Candi Penataran ini.

Festival ini sangat bermanfaat untuk Masyarakat Kabupaten Blitar Jawa Timur, beserta segenap pengunjung dari beragam daerah di dalam dan di luar negeri, selain bisa diambil nilai-nilai positif ketokohan Sosok Kresna yang tegas, arif bijaksana dan berkarakter kepemimpinan yang kuat, juga berdampak pada peluang bertumbuh kembangnya pelaku usaha mikro dan makro, serta mendorong bagian optimalisasi promosi wisata budaya dan candi candi di Kabupaten Blitar Jawa Timur Indonesia.

“Selain itu generasi millenial yang menembus batas dan lintas peradaban sekarang ini, dapat mengembangkan spirit belajar sejarah bangsanya, terutama terkait dengan cetakan sejarah dan kisah di relief Candi Penataran atau Candi Palah bersama dengan menguatnya keajegan dan konsistensi yang kreatif, inovatif serta transformatif dari Festival Kresnayana ini,”

Bupati Blitar saat membuka Festival Kresnayana di Kawasan Candi Penataran tersebut juga
berkesempatan sebagai Bupati Kabupaten Blitar yang mengatas namakan masyarakat dan pemerintah kabupaten Blitar, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur, karena telah memilih Candi Penataran sebagai pusat kawasan yang menggelar Festival Kresnayana.

“Festival Kresnayana ini sungguh luar biasa. Diambil dari Sejarah dan Kisah yang di cetak di relief candi Penataran, candi peninggalan Kerajaan Majapahit, Kerajaan Pemersatu Spirit Nusantara dan Bangsa Indonesia,”

Bupati Blitar berharap, kedepan kegiatan ini bisa rutin digelar antara 2 sampai 3 bulan sekali, karena dampak positif yang besar, sekaligus untuk melestarikan warisan budaya kepada Generasi Penerus Bangsa, Generasi Unggul Indonesia Maju.

Hadir pada acara ini sebagai tamu undangan, Kepala Disbudpar Pemprov Jatim, Sekda dan sejumlah kepala OPD Pemkab Blitar, Muspika Kecamatan Nglegok, tokoh-tokoh kebudayaan Kabupaten Blitar, hingga kepala sekolah SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se- Kabupaten Blitar.

Masyarakat setempat juga tidak kalah ketinggalan turut meramaikan acara peluncuran Festival Kresnayana itu dengan penuh semangat dengan adanya Spirit Festival Kresnayana ini.

Pembukaan Festival Krisnayana dalam Sendratari “Krisna Narayana” ini selanjutnya akan ada agenda rutin yg dilaksanakan di Candi Penataran setiap tahunnya.

Jadi Jumat Wage Malam Sabtu Kliwon.
15 November 2019 Menjadi awal kembalinya Spirit Candi Penataran sebagai Candi Pemersatu Nusantara dan Kebangsaan Indonesia dalam Kisah Krisna Narayana yang diselenggarakan di Jawa Timur Candi Penataran Kabupaten Blitar.

Oleh Dwi Indah Suryaningsih dan Guntur Bisowarno