Effendy : Pelayanan Kesehatan Kian Mudah Sejak Ada Program JKN – KIS

Hits: 13

Papuajaya.com – Biak – BPJS Kesehatan kini telah memasuki usia 7 tahun sejak bertranformasi dari PT. Askes (Persero) pada 1 Januari 2014. Sejak saat itu sudah banyak yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya adalah upaya meningkatkan kualitas dan mutu layanan untuk menjadi jauh lebih baik.

Hal itu yg dirasakan oleh Effendi (75) yang sedang dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Biak karena sakit yang dideritanya sejak 2 hari yang lalu. Effendi, yang merupakan penerima pensiunan PNS, mengatakan bahwa Program JKN-KIS adalah program yang sudah banyak membantu masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. Termasuk dirinya dengan penghasilan yang diperoleh sebagai pensiunan. Hal ini karena kemampuan finansial untuk membiayai pengobatan pun tidak sebesar ketika masa produktif dulu. Ia juga menambahkan sejak adanya Program JKN-KIS, masyarakat semakin dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Sekarang sudah berbeda, seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat menjadi peserta JKN-KIS. Dibandingkan dulu jika seseorang sakit dan akan berobat ke rumah sakit, maka orang tersebut harus memiliki biaya yang cukup baru bisa ke rumah sakit. Tapi sekarang sejak ada JKN-KIS ini, masyarakat sudah semakin dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa memikirkan biaya lagi,” ungkap Effendi, Rabu (22/07/2020).

Effendy juga menceritakan pengalamannya selama mendapatkan pelayanan ketika dirawat di rumah sakit. Menurutnnya, pelayanan yang diterimanya setiap menggunakan JKN-KIS sangat memuaskan. Menurutnya, dokter, perawat serta petugas rumah sakit sangat ramah dan sigap dengan kebutuhan pasien. Di samping itu, kamar rawat pun tersedia tanpa harus menunggu antrian.

“Saya mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dengan perbaikan sistem layanan ini. Sekarang peserta JKN-KIS dapat dengan tenang berobat tanpa was-was adanya diskriminasi terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit dibandingkan dengan pasien umum. Dari pengalaman saya menggunakan JKN-KIS, selama mengikuti prosedur yang telah ditetapkan maka semua akan berjalan lancar dan biaya pengobatan akan terjamin,” katanya.

Ia juga mengatakan, Program JKN-KIS yang menerapkan sistem gotong royong ini sangat bagus, karena iuran yang dibayarkan oleh peserta JKN-KIS yang sehat dapat membantu untuk biaya pengobatan peserta yang sakit.

“Semoga di usianya yang ke-52 tahun ini, BPJS Kesehatan dapat terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan peserta JKN-KIS, sehingga dapat mewujudkan masyarakat indonesia yang sejahtera. Dengan gotong royong semua tertolong,” tandasnya (fs)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.