Dukung Program JKN – KIS, BPJS Kesehatan Berikan Penghargaan UHC Kepada Pemda Biak

Hits: 1321

Papuajaya.com – Biak – Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Lily Kresnowati mengapresiasi komitmen atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor dalam pelaksanaan Program JKN-KIS. Hal tersebut disampaikan dalam audiensi bersama di Kantor Bupati Biak Numfor, Jumat (14/10/2022).

Lily mengatakan, selama ini BPJS Kesehatan terus memperhatikan dan mengevaluasi berbagai hal untuk meningkatan mutu Pelayanan Program JKN untuk semakin baik. Menurut Lily, dukungan positif Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor patut dicontoh oleh berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Komitmen, keinginan dan dorongan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor yang memberikan jaminan kesehatan nasional kepada masyarakat, terbukti dengan Universal Health Coverage yang telah dicapai sejak 25 April 2022, ini sebagai bukti kuat bahwa support yang diberikan itu sangat kuat,” ungkap Lily.

Lily menambahkan, banyak hal yang sudah dilakukan secara kolaboratif antara BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor untuk Kesejahteraan masyarakat, salah satu kunci keberhasilan adalah Dukungan Pemerintah Daerah khususnya Anggota Forum Komunikasi Pemangku Kepetingan Utama Pemerintah Kabupaten Biak Numfor antara lain :

BPKAD dan BAPPEDA dalam aspek dukungan Anggaran dan ketepatan pembayaran Iuran JKN, Dinas Sosial dan Dinas Dukcapil yang senantiasa berupaya melakukan optimalisasi validasi data untuk Pendaftaran Peserta PBI JK. Dinas Kesehatan dan RSUD Biak yang selalu meningkatkan Mutu layanan dan selalu memberikan Pelayanan Kesehatan untuk Peserta JKN serta Disnaker dan DPMPTSP dalam Optimalisasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepesertaan Badan Usaha dan DPMK dalam Optimalisasi Kepesertaan Aparat Kampung di Kabupaten Biak Numfor.

Sampai dengan 30 September 2022, Di wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor Cakupan Peserta JKN mencapai 143.959 jiwa atau 98,36% dari keseluruhan penduduk. Jumlah tersebut terdiri dari berbagai segmen peserta, diantaranya Penerima Bantuan Iuran PBI JK maupun PBPU BP Pemda , Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara maupun Swasta, Pekerja Bukan Penerima Upah, dan Bukan Pekerja.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Masnembra, menyambut baik atas kunjungan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan di Biak. Sebagai Pimpinan Daerah Kabupaten Biak Numfor, pihaknya mendukung penuh Program JKN-KIS karena program ini dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

Calvin menjelaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor sendiri terus mendorong dan melakukan berbagai upaya agar seluruh masyarakat Kabupaten Biak Numfor dapat terus ter-cover dalam Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Dengan upaya yang sudah kami laksanakan, kami pun memiliki harapan agar program ini dapat diikuti oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Biak Numfor. Melalui program ini juga, seluruh masyarakat Indonesia dapat bergotong royong untuk saling membantu,” jelas Calvin.