Driver Oke Jack Biak Dilindungi BP Jamsostek

Hits: 152

Papuajaya.com – Biak – Oke Jack Biak merayakan HUT ke -1 di Kabupaten Biak Numfor. kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Sosialisasi BP Jamsostek kepada anggota Oke Jack Biak, sekaligus penyerahan secara Simbolis Kartu BP Jamsostek kepada salah satu anggota Oke Jack, bertempat di Swans Garden Cafe, Sabtu (25/7/2020)

Penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BP Jamsostek kepada salah satu driver Oke Jack Biak
Penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BP Jamsostek kepada salah satu driver Oke Jack Biak

bKepala Cabang BP Jamsostek Biak, Darmawati Arifin saat ditemui mengatakan, setiap pekerja di Biak perlu mendapatkan perlindungan BP Jamsostek, baik itu pekerja formal atau informal. Bertepatan dengan HUT Oke Jack Biak, BP Jamsostek melakukan sosialisasi kepada anggota Oke Jack Biak.

“Bertepatan dengan adanya HUT ini kami berpikir bahwa anggota Oke Jack Biak wajib mengetahui manfaat apa saja yang didapat sebelum mereka menjadi peserta BP Jamsostek, sehingga kami lakukan sosialisasi ini,” kata Darmawati saat ditemui media

Darma berharap pekerja Mandiri yang lain di Biak seperti Ojek Pangkalan, Nelayan, Petani bisa segera terlindungi di BP Jamsostek.

Sementara itu Irvin Aditya Jemmy selaku AR Perintis BP Jamsostek Biak dalam sosialisasinya menjelaskan manfaat yang bisa diterima pekerja Mandiri yakni, Perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). yaitu Jika terjadi kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dan medis akan ditanggung oleh BP Jamsostek sesuai dengan kebutuhan medis (tanpa batas biaya) sampai sembuh, santunan cacat jika mengalami cacat, dan santunan sementara tidak mampu bekerja (pengganti penghasilan) selama tidak mampu bekerja karena kasus kecelakaan kerja.

“Apabila meninggal dunia karena kecelakaan kerja, BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan santuan Meninggal Dunia akibat kecelakaan kerja sebesar Rp.48.000.000 kepada ahli waris tenaga kerja,” jelas Irvin

Dijelaskan juga, manfaat Jaminan Kematian, yaitu santunan sebesar Rp.42 juta bagi ahli waris jika meninggal dunia diluar kecelakaan kerja, contohnya meninggal karena sakit.

“Bahkan pekerja yang telah aktif selama 3 tahun sebagai peserta, jika meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja bisa mendapatkan beasiswa untuk 2 orang anak dengan total sekitar Rp.174.000.000,” tambah Irvin

Endah Novitasari selaku Ketua Oke Jack Biak mengatakan dalam rangka HUT Oke Jack ke – 1, pihaknya menyambut baik dan memberikan apresiasi adanya support dari BP Jamsostek bagi anggota Oke Jack Biak.

Endah juga berharap dengan didaftarnya anggota Oke Jack di BP Jamsostek dapat melindungi para driver Oke Jack saat sedang bekerja, melayani orderan, mengantarkan makanan ataupun segala layanan yang ada di dalamnya itu terlindungi apabila terjadi sesuatu di perjalanan.

“Kita nggak pernah tahu ya, apalagi dengan tingkat kecelakaan dalam beberapa hari ini kan sedikit meningkat, jadi kami berharap hal itu tidak sampai terjadi kepada teman-teman driver dan kalaupun terjadi teman-teman driver Oke Jack sudah sangat terlindungi dengan adanya kepesertaan dari BP Jamsostek mandiri,” kata Endah

Endah juga menjelaskan untuk saat ini anggota Oke Jack yang telah mendaftar sebagai peserta BP Jamsostek sekitar 25 anggota dan kedepannya akan diberlakukan bagi calon mitra ataupun yang mendaftar menjadi driver Oke Jack akan diikutsertakan menjadi peserta BP Jamsostek.

“Untuk program BP Jamsostek, kami mengambil yang program dua yaitu Perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” jelas Endah

Endah berharap kerjasama dengan BP Jamsostek dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, apabila ada dinas terkait ataupun swasta yang ingin bermitra dengan Oke Jack, pihaknya akan menerima dengan baik pula. “tentunya semua ini bertujuan untuk saling bersinergi membangkitkan perekonomian negeri setelah adanya pandemi covid – 19,” harap Endah

Di HUT ke – 1 Oke Jack, Endah pun mengungkapkan pihaknya telah menyusun program kerja yang baru untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19.

“Dengan adanya semangat baru di hari ulang tahun ke -1 Oke Jack Biak, kami menyusun program kerja yang baru untuk meningkatkan kinerja kemudian pelayanan yang kemarin sempat tertinggal akibat adanya pandemi covid – 19,” tandasnya (fs)