Direktur RSUD Biak Melepas Secara Resmi 20 Dokter Internship

Hits: 267

Papuajaya.com – Biak – Direktur RSUD Kabupaten Biak Numfor dr. Richard Ricardo Mayor, M.kes melepas sebanyak 20 peserta program dokter internship periode 2019 – 2020 angkatan ke – VI di Halaman RSUD Biak, Rabu (12/02/2020)

Direktur RSUD Biak, dr. Richard Ricardo Mayor, M. Kes
Direktur RSUD Biak, dr. Richard Ricardo Mayor, M. Kes

Dokter internship ini berasal dari lulusan Universitas yang ada di Indonesia, dan kebanyakan berasal dari Universitas Cendrawasih Jayapura dan beberapan Universitas lainnya di wilayah Jawa.

Acara pelepasan dokter internship dihadiri oleh Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor, Perwakilan dari Dinas Kesehatan Biak Numfor, Perwakilan Bpjs Kesehatan Cabang Biak, Kepala Puskesmas Biak Kota serta perwakilan TNI/Polri dan para dokter di Lingkungan RSUD Biak

“Hari ini tanggal 12 Februari 2020 RSUD Kabupaten Biak Numfor menyelenggarakan exit party untuk melakukan pelepasan terhadap 20 orang dokter Internship yang telah melaksanakan Internship di Kabupaten Biak numfor selama 1 Tahun,dan nanti setelah ini kami juga akan menerima 20 orang lagi dokter internship periode Februari 2020 – Februari 2021,” ujar dr Ricardo saat ditemui wartawan usai acara pelepasan dokter internship

Dikatakan juga, Dokter Internsip tahun ini adalah angkatan ke VI periode 2019 – 2020 dari total itu sejak tahun 2014 angkatan pertama sampai dengan sekarang sudah ada 97 orang dokter yang diterima dan melaksanakan Internsip di Biak numfor baik di RSUD Biak maupun di puskesmas Biak Kota.

“Program ini adalah program nasional di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di mana para dokter yang baru lulus yang sudah disumpah, wajib melaksanakan internship atau yang dikenal dengan nama magang. Jadi mereka magang kerja di Rumah sakit dan Puskesmas,” jelas dr. Ricardo

Dijelaskan juga, program dokter internship ini merupakan wujud kepercayaan dari Kementrian Kesehatan RI kepada RSUD Kabupaten Biak Numfor sebagai wahana internship di Indonesia. Dokter internship diberikan kesempatan oleh dokter umum maupun dokter spesialis yang ada di RSUD Biak untuk menangani pasien secara langsung.

Ini proses untuk memberikan pengayaan jadi agar seorang dokter jadi lebih terampil Sebelum turun ke masyarakat umum. Di rumah sakit itu, mereka begitu masuk kita bekali selama lebih kurang satu setengah bulan dengan keterampilan maupun ilmu – ilmu praktis sebelum kita memberikan kepercayaan untuk menangani pasien secara langsung.

“Ini bagian dari pada memberikan keterampilan, kemahiran kepada para dokter sehingga nantinya ketika selesai, dengan surat keterangan yang kita keluarkan bahwa dia sudah selesai melaksanakan internsip dokter di sini maka Konsil kedokteran Indonesia (KKI) akan menerbitkan yang namanya itu suratan tanda registrasi (STR) sehingga dokter internsip ini dapat dengan mudah bekerja dimana saja, baik pegawai negeri maupun swasta, Rumah sakit maupun klinik atau buka praktek sendiri, dokter wajib memiliki STR.” ungkap dr. Ricardo

Dilain pihak, Bupati Kabupaten Biak Numfor Herry A. Naap dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Setda Biak Numfor Ferry Betay menyampaikan ucapan terima kasih kepada 20 Dokter Internship yang telah mendarmabaktikan kemampuannya di bidang kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten biak numfor baik di Rumah Sakit Umum Daerah maupun di Puskesmas yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami sebagai Pimpinan Daerah mengucapkan terima kasih kepada 20 dokter internship yang telah melayani serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kami baik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun di Puskesmas Biak Kota,” tandasnya (fs)