Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata PB Memberikan Aprisiasi Deklarasi Yayasan Pondok Arfak

Hits: 5750

MASNI – MANOKWARI | PAPUAJAYA.com | Juni 28/2018 – Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata PB Sergiyus Rumsayor,S.S Memberikan Aprisiasi atas di adakannya Deklarasi Yayasan Pondok Arfak yang mana Deklarasi dan pameran Noken Arfak ini adalah salah satu cirikhas budaya kita semua, yang perlu di kembangkan dan di populerkan.

Simbol Pengalungan Noken Oleh Dinas Pariwisata Provinsi PB kepada mama mama perajut Noken

Dalam sambutan Sergiyus Rumsayor,S.S Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata PB, sekaligus mewakili sambutan Gubernur papua Barat, di karnakan Gubernur masih berada di luar Kota, maka sebagai Dinas yang terkait dan bersentuhan dengan kebudayaan tentunya tidak terlepas dari kepariwisataan sebagai aset di Papua barat khususnya manokwari.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kepariwisataan juga menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya karna sudah berupaya menjaga dan melestarikan kebudayaan sebagai sumber dasar kita agar Suku dan cirikhasnya tetap terlestarikan, melalui yayasan Gubuk Arfak ini bertujuan menjaga budaya Arfak agar tidak mudah bergeser atau hilang dan tetap lestari.

Sergiyus Rumsayor,S.S Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata PB, juga memberikan penegasan dengan terbuktinya ada nya mama mama perajut Noken itu sudah tentu membuktikan bahwa budaya ini masih ada, dan di harapkan agar pemuda sebagai generasi penerus dapat melestarikan dan melanjutkan supaya kita sama dapat menjaga budaya yang kita cintai ini.

Bukan mahal atau harga noken yang di jual tetpai bagaina cara kita bisa menjadikan noken itu serta hasilnya lebih berharga di bandingkan kita membeli, rasa kepuasan akan ada nilai tersendiri jika kita mempu merajutnya dengan tangan tangan kita sendiri.

Dalam sambutan terahir di tambhkan juga, bahwa Bpk. Sergiyus Rumsayor,S.S Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata PB siap untuk mengenalkan di dunia pariwisata agar Noken dapat terkenal sampai Luar Indonesia, dan dengan ini kami atas nama Pemerintah PB menyambut dan memberikan dukungan sepenuhnya serta nantinya agar bisa mendapatkan anggaran modal sebagai bentuk melanjutkan usaha, tentunya harus melengkapi surat surat yang sebagai mana mestinya, pungkas terahir sambutan.

Penulis : Sri Nuryani – Papuajaya.com