Danlanal Biak Kukuhkan Babinpotmar Dan Kampung Binaan

Hits: 193

Papuajaya.com – Biak – Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Dominggus S. Misalayuk, S.E. mengukuhkan Serda Apm Nandi Agung & Serda Pom Oki Anggara Tarigan sebagai Babinpotmar Lanal Biak di Kampung Urfu, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Pada kesempatan tersebut dua Kampung juga di kukuhkan sebagai desa binaan yaitu Kampung Anggraidi dan Kampung Urfu. Kampung Anggraidi rencananya akan difokuskan sebagai Kampung binaan penghasil sayur-mayur, sedangkan Kampung Urfu akan didorong menjadi kampung binaan penghasil ikan.

Danlanal Biak dalam kesempatannya mengatakan bahwa, pengukuhan kampung binaan TNI Angkatan Laut pada prinsipnya adalah suatu sarana yang akan menjadi barometer terciptanya hubungan erat antara TNI Angkatan Laut dan Kampung binaan dalam menggali sumber daya alam yang ada di desa yang akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Selanjutnya dalam hal pengawasan dan pembinaan serta memelihara hubungan yang berlanjut antara TNI Angkatan Laut dan desa binaan maka pada kesempatan ini pula akan dikukuhkan Babinpotmar yang nantinya akan bertugas sebagai kepanjangan tangan pimpinan TNI Angkatan Laut di kampung binaan, sehingga terwujud suatu komunikasi dan interaksi yang baik dalam mencapai tujuan suatu desa binaan yang maju dan sejahtera,” ujar Danlanal

Dalam rangka memperingati HUT ke – 75 TNI Angkatan Laut Tahun 2020, Lanal Biak juga mengadakan bakti sosial dalam bentuk pembagian sembako yang merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap desa binaan untuk meringankan beban ekonomi yang semakin sulit di tengah pandemi Covid-19, yang sampai dengan saat ini belum mereda dan malah semakin meningkat secara signifikan.

“Kegiatan bakti sosial ini akan terus dilaksanakan tidak hanya berhenti sampai disini saja namun akan berkesinambungan dan berkelanjutan, dengan bakti sosial ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa binaan TNI Angkatan Laut khususnya masyarakat Desa urfu dan Desa Anggraidi,” ujar Danlanal.

Dengan telah dikukuhkannya Kampung urfu dan Kampung Anggraidi menjadi kampung binaan TNI Angkatan Laut, maka diharapkan ke depan akan terus terjalin komunikasi dan interaksi yang baik dan dinamis serta tetap menjaga koordinasi dan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, dan tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat binaan TNI Angkatan Laut di Kampung urfu dan Kampung Anggraidi ini atas partisipasinya mendukung kegiatan pengukuhan kampung binaan sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” imbuh Danlanal.

Sementara itu, Kepala Distrik Yendidori Yohanes Ayer dalam sambutannya turut mengucapkan Selamat hari jadi TNI Angkatan Laut yang ke-75 dan tema tahun ini yang sangat menarik tuturnya, yaitu “DENGAN SEMANGAT JALESVEVA JAYA MAHE, KITA SIAP MEWUJUDKAN TNI ANGKATAN LAUT YANG PROFESIONAL MODERN DAN TANGGUH GUNA MENDUKUNG INDONESIA MAJU”.

Kepala Distrik Yendidori juga mengatakan bahwa sangat beruntung mendapatkan perhatian yang banyak sekali sejak awal tahun ini dari pemerintah daerah dan TNI khususnya TNI Angkatan Laut. “Saya menghimbau agar kita kembangkan terus dan tingkatkan segala bantuan yang telah kita terima untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa. Terima kasih sekali lagi kepada TNI Angkatan Laut yang telah memilih salah satu desa kami sebagai desa binaan,” ujar Kadistrik

Untuk diketahui, khusus di Kampung Anggraidi, Danlanal Biak menyerahkan bibit tanaman muda seperti bibit Sawi, Timun, Jagung dan pupuk serta alat kerja kepada Sekdes Anggraidi Ibu Legin Ronsumbre dan perwakilan masyarakat sedangkan di Desa Urfu Danlanal didampingi Kepala Distrik dan Kepala Desa Urfu menyerahkan bibit ikan Nila. (fs)