BPJS Kesehatan Biak Kenalkan Kemudahan E-Dabu Mobile Ke Badan Usaha

Hits: 0

Papuajaya.com – Biak – Dalam rangka memberikan kemudahan akses informasi bagi badan usaha di tengah masa Pandemi Covid-19 saat ini, BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi Elektronik Data Badan Usaha (e-Dabu) Mobile versi 1.0, dengan fitur permudah layanan sesuai perkembangan era digital bagi para peserta JKN-KIS dalam satu perusahaan.

Terkait hal tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor mengadakan kegiatan sosialisasi atas aplikasi e-Dabu Mobile tersebut kepada para Person In charge (PIC) ataupun para HRD badan usaha di Biak, Kamis (25/06/2020).

Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Sri Rejeki menyampaikan bahwa, aplikasi e-Dabu Mobile bertujuan untuk memberikan kepraktisan kepada penggunanya, khususnya perusahaan atau badan usaha yang memiliki pekerja dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu, diluncurkannya aplikasi tersebut sebagai bentuk upaya BPJS Kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Dengan aplikasi ini, PIC badan usaha dapat mengakses informasi kepesertaan perusahaanya dimana saja dan kapan saja, dapat dilakukan di rumah atau diperusahan hanya dengan menggunakan ponsel saja, sehingga tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan, ini sebagai upaya pencegahan penularan virus jenis baru ini,” kata Sri.

Sri menjelaskan, keunggulannya e-Dabu Mobile versi 1.0 ini adalah mampu memproses perubahan data tanpa perlu persetujuan (approval) dari BPJS Kesehatan, bisa melihat rincian tagihan iuran, ada tampilan e-ID serta pengecekan Nomor Induk Kependudukan (NIK) peserta.

“Aplikasi e-Dabu Mobile ini memiliki lima fitur yaitu fitur Cek Peserta, Fitur Riwayat pembayaran, Fitur Data Mutasi, Fitur Tren Pembayaran dan Fitur Konten Kesehatan. Semua fitur dapat diatur badan usaha sesuai kebijakannya, akan tetapi untuk penambahan maupun pengurangan peserta harus melalui Edabu yang berada di PC komputer,” tambah Sri.

Sementara itu, salah satu HRD perusahaan yang turut hadir dalam sosialisasi, Taufik, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan sosialisasi yang diselenggarakan BPJS Kesehatan ini. Pada kesempatan tersebut Ia langsung mencoba membuka aplikasi tersebut. Menurutnya, e-Dabu sangat bermanfaat memperingan pekerjaan badan usaha.

“Jadi ketika sudah di kantor masing-masing tidak bingung lagi. Dan salah satu fitur yang saya apresiasi adalah fitur cek peserta, karena apabila diakhir bulan mungkin ada perasaan kita sudah pernah menonaktifkan salah satu peserta atau tidak, kami bisa mengecek melalui aplikasi e-Dabu Mobile ini. Harapannya, semoga aplikasi yang dibangun oleh BPJS Kesehatan dapat terus mempermudah badan usaha dalam mendapatkan informasi dalam Program JKN-KIS tanpa harus antri di kantor,” imbuhya (fs)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.