Basarnas Biak Gelar Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan Teknik Pertolongan di Ketinggian Tahun 2020

Hits: 131

Papuajaya.com – Biak – Kantor Pencarian dan Pertolongan Klas A Biak mengadakan Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan Teknik Pertolongan di Ketinggian, bertempat di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak yang berlangsung sejak tanggal 16 – 18 November 2020.

Kegiatan dibuka resmi oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak, Gusti Anwar Mulyadi, S.H yang turut juga dihadiri oleh Danlanudal Biak, Manajer PT. Angkasapura I Biak, Kepala BMKG Biak, dan sejumlah perwakilan TNI/Polri serta para instruktur dan peserta pelatihan sebanyak 25 orang.

Kepala Kantor Pencairan dan Pertolongan Kelas A Biak Gusti Anwar Mulyadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan kerjasama antara instansi terkait potensi pencairan dan pertolongan di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak. Pelatihan ini adalah silaturahmi dan saling bertukar baik ilmu, baik knowledge, skill, serta kemampuan individu maupun tim.

Selain itu juga untuk merangkul potensi yang ada di Biak, untuk memberikan materi atau pengetahuan apabila nanti ada musibah yang berkaitan dengan ketinggian, cidera jadi materi ini untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami musibah. “Ini untuk membantu kita khususnya Basarnas Biak apabila kita kekurangan orang, kita bisa meminta bantuan. Kita butuh banyak potensi untuk membantu kita,” kata Gusti

“Basarnas tidak dapat bekerja sendiri dalam melaksanakan tugas operasi yang berkaitan dengan kemanusiaan tentunya membutuhkan bantuan dari instansi terkait maupun organisasi-organisasi yang ada dalam keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas operasi SAR,” tambah Gusti

Gusti juga berpesan untuk tetap menjaga kesiapsiagaan disetiap jajaran, solid, dan semangat militan dalam bertugas terutama Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak harus siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan Pelayanan SAR dan tetap patuh pada protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Sumber Daya Alman S. Imbiri, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin koordinasi bersama bersama instansi terkait potensi pencarian dan pertolongan guna penanganan kecelakaan kapal, pesawat udara, kondisi membahayakan manusia dan bencana alam serta kecelakaan lainnya di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Biak dimasa pandemi covid-19,” jelas Alman

Alman juga menerangkan, materi kegiatan pelatihan potensi pencarian dan pertolongan akan disampaikan oleh instruktur dan personil, di mana materi tersebut terdiri dari substansi Basarnas, pengantar medical first responden, pembinaan korban dan penilaian dini, BHD dan RJP, cidera kepala leher dan tulang belakang, cidera alat gerak, pendarahan dan syok jarigan lunak, pengenalan peralatan hardware, pengenalan peralatan software, pengenalan tali dan simpul, dan materi lainnya. (fs)