Babinsa Biak Kota Dan Ketua KSM Pantau Stimulus Jambanisasi Di Kelurahan Saramom

Hits: 167

Papuajaya.com – Biak – Babinsa koramil 1708-01/Biak Kota Serka Yulianus Apiem bersama Gerson Kbarek Ketua KSM ROSAINA Kelurahan Saramom serta perangkat Kelurahan lainnya melakukan pemantauan pelaksanaan pembuatan jamban sebagai stimulus jambanisasi di wilayah Kelurahan Saramom Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Kamis (30/07/2020).

Aktivitas ini merupakan pengecekan langsung pada kondisi jamban, dengan tujuan agar fasilitas yang akan di gunakan oleh warganya ini benar-benar sudah memenuhi standar kelayakan nagi keluarga sehat. Pelaksanaan Pembangunan Sepiteng untuk warga masyarakat di kelurahan saramom ini sebanyak 50.

Kegiatan ini juga di ikuti oleh petugas Dinas kesehatan dari Puskemas Biak Kota yang juga mengecek dari rumah ke rumah untuk memastikan pembangunanya sudah memenuhi persyaratan dan layak untuk di gumakan.

Syarat idealnya di antaranya yakni jarak antara tangki septik dengan sumur kurang lebih 15m, karena dengan jarak tersebut maka bakteri yang menyebabkan penyakit TBC, diare dan sejenisnya tidak akan meresap ke dalam sumur. Tetapi karena kurangnya lahan, maka jarak yang digunakan dalam pembangunan ini pun tidak sesuai dengan ketentuan sehingga diharapkan agar masyarakat tidak menggunakan air sumur tersebut untuk konsumsi kecuali untuk mencuci.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Zakarias Mailoa kepala PU PR Kab Biak Numfor Yan Karubaba petuga Dinas Kesehatan, Andy Kbarek Sekretaris KSM ROSAINA, serta Warga masyarakat kelurahan Saramom. (fs)