Aksi Kebersihan lingkungan Disepanjang Pesisir Pantai BLK Sanggeng Oleh UPT lingkup KLHK Provinsi Papua Barat

Hits: 228

Papuajaya.com Manokwari 16 Agustus 2019 Dalam Rangka Hut kemerdekaan RI ke 74,UPT LINGKUP Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama siswa SMK Kehutanan Negeri Manokwari melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang pesisir pantai BLK, aksi nyata dalam mengurangi sampah plastik guna mendukung kebijakan manokwari nol sampa.

Pelaksana kegiatan aksi bersih sampah dan lingkungan dilakukan oleh para pegawai UPT Lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan (SMKK) Negeri Manokwari.

Kegiatan ini merupakan rangkaian memperingati Hari Hut kemerdekaan RI ke 74 dengan tema “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah, Mari Kita Jaga pantai, laut dan Gunung dari sampah”, aksi dimulai dengan kerja bakti membersihkan pantai dari sampah terutama sampah plastik. Aksi ini juga bentuk aktualisasi agenda Tahunan Bersih Sampah (TBBS)  antara Pemerintah, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota bersama-sama dengan masyarakat membangun gerakan aksi bersih sampah dan lingkungan.  

Selain itu aksi adalah bentuk komitmen pemerintah untuk mengangkat potensi wisata baru yang lebih peduli dan mencintai lingkungannya.  tapi kalau lokasinya bersih dan indah akan banyak wisatawan domestik yang akan datang, ujar Umar Ali .

Target utama aksi bersih pantai ini selain edukasi kepada masyarakat agar peduli dan mengelola sampahnya tentunya adalah untuk terus menjaga komitmen bersama, betapa pentingnya mengurangi sampah domestik terutama produksi sampah plastik yang makin menjadi problem dalam penanganannya. Masyarakat agar mampu mengolah dan berkreatifitas dengan sampah menjadi nilai ekonomis dan sebagai tambahan penghasilan melalui bank sampah yang ada. 

Ayo bersama kita peduli sampah kita, kurangi sampah plastik. Manokwari Papua Barat pasti bisa !! ( Umar ali Maruapey )